Analisis hukum islam terhadap praktik investasi Digital Cryptocurrency pada mata uang Digital Bitcoin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Alvia Rahayu (2021) Analisis hukum islam terhadap praktik investasi Digital Cryptocurrency pada mata uang Digital Bitcoin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alvia Rahayu Puspita_C92217065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Investasi Digital Cryptourrency Pada Mata Uang Digital Bitcoin ” penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan, untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah. Bagaimana prosedur investasi digital cryptocurrency pada mata uang digital bitcoin dengan trading platform indodax dan bagaimana analisis hukum Islam pada praktik investasi digital cryptocurrency pada mata uang bitcoin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan skunder, data primer yaitu berupa data hasil observasi, wawancara dan obyek penelitian sendiri. Sedangkan data sekunder data yang didapatkan dari buku, jurnal, skripsi, berita, internet, serta dokumen-dokumen resmi yang berhubungan dengan obyek penelitian. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul data diolah menggunakan teknik organizing dan analis. Langkah selanjutnya data akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan pola fikir deduktif yaitu mengampil pernyataan umum yang kemudian dapat ditarik kesimpulan yag bersifat khusus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, prakatik investasi digital bitcoin dapat dilakukan dengan dua metode yaitu metode instan atau secara langsung dan metode limit yang mana pengguna biasa mengatur atau dengan setting sendiri harga bitcoin saat melakukan transaksi jual beli di platform indodax. Dan menurut hukum Islam praktik investasi digital cryptocurrency pada mata uang digital bitcoin tidak sah, karena terdapat unsur gharar atau ketidakjelasan antara pihak penjual, pembeli serta objek yang diperjual belikan dan investasi tersebut tidak memiliki regulasi yang pas dari pemerintah dan tidak memiliki payung hukum yang kuat dan banyak resiko-resiko besar yang memungkinkan terjadi karena nilai mata uang tersebut memiliki nilai yang sangat fluktuatif. Praktik investasi digital cryptocurrency pada mata uang digital bitcoin daripada syubhat atau gharar atau ketidakpastian, segala sesuatu yang syubhat harus segera ditinggalkan karena tidak membawa manfaat dan tidak membawa kemaslahatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Alvia Rahayualviarahayu6@gmail.comC92217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJailani, Imam Amrusisriamrusi@yahoo.co.id2003017002
Subjects: Hukum Islam
Investasi
Mata Uang
Keywords: Mata Uang Digital Bitcoin; Praktik Investasi Digital Cryptourrency; prakatik investasi digital bitcoin.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Alvia Rahayu Puspita
Date Deposited: 04 Aug 2021 13:15
Last Modified: 04 Aug 2021 13:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49152

Actions (login required)

View Item View Item