Implementasi business process reengineering untuk meminimalisir keluhan pelanggan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikry, Muhammad Dzul (2021) Implementasi business process reengineering untuk meminimalisir keluhan pelanggan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Dzul Fikry_H06217013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan pada suatu organisasi sangat berkorelasi dengan tingkat kepuasan pelanggan pada kualitas pelayanan yang disediakan. Dari aktivitas inilah yang nantinya akan dilakukan perbaikan dengan metode Business Processing Reengineering agar proses bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik dan efisien. Untuk menguji apakah benar Business Process Reengineering (BPR) yang dilakukan sudah mampu meminimalisir keluhan pelanggan, maka dalam hal ini PDAM Giri Tirta Gresik akan melakukan tahap identifikasi dan analisa terlebih dahulu pada setiap permasalahan yang muncul yang berkorelasi dengan proses bisnis yang tengah berlangsung serta melakukan evaluasi berupa perbaikan yang nantinya akan menghasilkan input dan hasil atas kepuasan pelanggan akan pelayanan yang diberikan sebagai output dalam organisasi dalam upaya peningkatan kepuasan dan meminilisir keluhan pelanggan terhadap organisasi. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka fokus dan arah pada penelitian ini akan lebih ditekankan terhadap proses pelayanan dalam upaya pemenuhan air bersih yang ada di Kabupaten Gresik terutama pada proses reengineering pemasangan baru. Sehingga dihasilkan output berupa perbandingan proses bisnis pemasangan baru sebelum dan sesudah dilakukannya Business Process Reengineering yakni dengan persentase uji efisisiensi throughput sebesar 94,44% dari 73,99% proses bisnis yang sedang berjalan serta memberikan hasil simulasi akhir dalam bentuk notasi BPMN yang membutuhkan waktu maksimum yang diperoleh sebesar 24 hari 2 jam 20 menit dari 26 hari 16 jam 5 menit pada proses pemasangan baru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikry, Muhammad Dzulmuhdzulfikry34@gmail.comH06217013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorAmin, Faris Muslihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Subjects: Tehnik Informatika
Keywords: Pelayanan; business process reengineering; keluhan pelanggan; organisasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Muhammad Dzul Fikry
Date Deposited: 28 Jul 2021 14:46
Last Modified: 28 Jul 2021 14:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49137

Actions (login required)

View Item View Item