Analisis kesulitan belajar siswa underachiever dalam menyelesaikan soal matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ryanwar, Kartika Ramadhanty Ananda (2021) Analisis kesulitan belajar siswa underachiever dalam menyelesaikan soal matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kartika Ramadhanty Ananda Ryanwar_D74216059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesulitan belajar matematika merupakan hambatan-hambatan yang terjadi pada proses pembelajaran matematika mengenai konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang saling berhubungan. Siswa underachiever adalah suatu kondisi yang terjadi pada siswa yang memiliki skor intelegensi tinggi namun hasil belajar yang dicapai berada dibawah rata-rata. Kesulitan belajar siswa underachiever disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa underachiever dalam menyelesaikan soal matematika dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa underachiever dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari enam siswa underachiever kelas VIII SMPN 1 Sukodono. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan angket. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Kesulitan belajar siswa underachiever dalam menyelesaikan soal matematika termasuk jenis kesulitan dalam mempelajari konsep yaitu siswa tidak mampu untuk menyatakan arti dari istilah yang mewakili konsep, tidak mampu untuk mengingat satu kondisi atau lebih yang diperlukan bagi suatu objek untuk dinyatakan dengan istilah yang mewakilinya, dan tidak mampu menyimpulkan informasi dari suatu konsep yang diberikan. (2) Faktor penyebab kesulitan belajar siswa underachiever yaitu disebabkan oleh faktor internal pada aspek intelegensi dan fisiologis siswa sedangkan faktor eksternal pada aspek metode guru dan kepedulian keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ryanwar, Kartika Ramadhanty Anandaramadhantykartika@gmail.comD74216059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com dan parto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Belajar
Matematika
Matematika
Keywords: Kesulitan belajar matematika; Siswa underachiever; Faktor penyebab kesulitan belajar matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kartika Ramadhanty Ananda Ryanwar
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:30
Last Modified: 02 Aug 2021 14:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49108

Actions (login required)

View Item View Item