Dakwah dan Transformasi Tradisi Ganjur pada Generasi Milenial di Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prihatini, Millenia (2021) Dakwah dan Transformasi Tradisi Ganjur pada Generasi Milenial di Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Millenia Prihatini_F02719240.pdf

Download (3MB)

Abstract

Transformasi tradisi ganjur di Lamongan tengah dialami oleh generasi milenial, tradisi Ganjur perempuan melamar laki-laki itu bukan hal yang biasa, bahkan cenderung asing untuk didengar. Dari sinilah munculnya perbedaan pendapat dan keinginan dari beberapa belah pihak terutama dari generasi milenial yang menjadikan faktor transformasi tradisi yang terjadi pada saat ini di Lamongan. Transformasi yang terjadi pada tradisi ganjur yaitu sekarang tradisi yang dilihat sebagai sesuatu yang lebih dinamis, tidak lagi sesuatu yang kaku atau statis pada generasi milenial. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui komunikasi dakwah dalam transformasi tradisi ganjur pada generasi milenial di Lamongan dan implementasi transformasi tradisi ganjur pada generasi milenial di Lamongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan etnometodologi yang analisaanya menggunakan teori determinisme teknologi Marshall McLuhan, teori sistem dakwah Ali Aziz, teori resepsi komunikasi Stuart Hall dan teori hibridisasi identitas Homy Bhabha. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informasi yang didapatkan dari informan utama selanjutnya dikonfirmasi ulang dengan sumber data yang lainnya untuk memperkuat keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah dan transformasi tradisi ganjur pada generasi milenial di Lamongan memiliki persepsi yang berbeda-beda didalam terjadinya transformasi tradisi, persepsi positif, netral dan negatif sebagai komunikator dakwah media, opinion leader, tokoh masyarakat dan kyai atau ustadz berperan dan memberikan kontribusi dalam transformasi tradisi ganjur dan implementasi transformasi tradisi ganjur pada generasi milenial di Lamongan dengan menerima sepenuhnya, menerima secara selektif dan menolak tradisi ganjur. Temuan lainnya menunjukkan adanya keluarga, teman, karang taruna desa dan peran tokoh masyarakat dan agama sebagai komunikaator dakwah, imprealisme budaya kekinian yang masuk diperdesaan membuat transformasi tradisi dari tahun ke tahun dan implementasi yang fanatik terhadap tradisi ganjur pada generasi milenial di Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prihatini, Milleniamillenniza@gmail.comF02719240
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid1975@gmail.com2005027501
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Remaja
Budaya
Keywords: Transformasi Tradisi; Tradisi Ganjur; Komunikasi Dakwah; Generasi Milenial.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Millenia Prihatini
Date Deposited: 08 Aug 2021 23:35
Last Modified: 08 Aug 2021 23:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49084

Actions (login required)

View Item View Item