Perancangan urban farming center di Kota Surabaya dengan pendekatan permakultur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Majid, Alwan Sulthon (2021) Perancangan urban farming center di Kota Surabaya dengan pendekatan permakultur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alwan Sulthon Majid_H03217002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahan pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan harus dipenuhi setiap saat,khususnya pada masyarakat perkotaan. Agar kebutuhan pangan masyarakat kota bias tercapai, maka diperlukan beberapa usaha, salah satunya dengan cara mewujudkan ketahanan pangan. Untuk itu diperlukan suatu upaya bersama untuk mengatasinya. Salah satunya dengan cara menggerakkan masyarakat untuk melakukan aktivitas pertanian urban. Urban Farming adalah proses kegiatan pertanian yang dilakukan di kawasan perkotaan. Konsep bertani ini dianggap cocok dalam memenuhi kebutuhan pangan pada masyarakat perkotaan. Dalam merancang dan mengelola pertanian yang menghasilkan serta berkelanjutan maka diperlukan suatu pendekatan yang dapat membantu dan mempermudah dalam mencapai produksi yang beragam dan melimpah, pendekatan permakultur dinilai cocok untuk memberikan solusi terhadap segala permasalahan yan ada didalam proses pertanian di perkotaan, karena permakultur sendiri dirancang untuk mengelola lingkungan di tengah kondisi masyarakat dengan memanfaatkan sumbersumber daya alam yang ada dikawasan melalui metode ramah lingkungan dan heamt energi guna untuk menyeimbangkan kondisi alam dan lingkungan setempat. Pendekatan Permakultur merupakan sebuah solusi yang tepat dan penting dalam memproduksi perkebunan organik yang sehat, desain kebun rumah tangga, tata ruang desa yang lebih efisien, lingkungan yang lebih sehat, metode produksi energi alternatif, dan pengembangan ekonomi yang berkelanjutan. Pendekatan permakultur mengadopsi kerjasama dengan sistem alam dalam proses budidayanya, sehingga dapat mengurangi limbah dan polusi serta dapat menghasilkan produk bahan pangan dengan produktif dengan tetap mengutamakan energi yang rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Majid, Alwan Sulthonalwansulthon30@gmail.comH03217002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.com2010038701
Subjects: Arsitektur
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Pertanian
Keywords: Urban Farming; Pertanian perkotaan; Berkelanjutan; Perkebunan organik; Permakultur.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Alwan Sulthon Majid
Date Deposited: 02 Aug 2021 13:35
Last Modified: 02 Aug 2021 13:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49055

Actions (login required)

View Item View Item