Analisis hukum islam terhadap penarikan dana perbaikan jalan bagi pengguna jalan roda empat atau lebih di Desa Pasinan Lemahputih Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfirah, Roisatul (2021) Analisis hukum islam terhadap penarikan dana perbaikan jalan bagi pengguna jalan roda empat atau lebih di Desa Pasinan Lemahputih Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roisatul Maghrifah_C92217104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan tentang: (1) Bagaimana praktik penarikan dana perbaikan jalan bagi pengguna jalan roda empat atau lebih di Desa Pasinan Lemahputih Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik (2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap penarikan dana perbaikan jalan bagi pengguna jalan roda empat atau lebih di Desa Pasinan Lemahputih Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) dan data penelitian dihimpun melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu berangkat dari mencari fakta-fakta yang ada yang bersifat khusus dan kemudian diteliti dan dikaitkan pemecahan masalah yang bersifat umum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Penarikan dana perbaikan jalan bermula dari sumbangan sukarela yang kemudian dikembangkan menjadi portal jalan dengan tarif sebesar Rp 2000 dan dilaksanakan setiap hari senin sampai sabtu mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Penarikan ini adalah kebijakan dari Kepala Dusun Pasinan dengan tujuan untuk perbaikan jalan dan sebagian yang lain untuk keperluan perbaikan infrastruktur jalan. Penggunaan dana perbaikan jalan di Desa Pasinan Lemahputih sudah direalisasikan sebanyak tujuh kali dalam kurun waktu empat tahun dengan dana yang terkumpul sebesar Rp 25.216.000. Penggunaan dana perbaikan jalan di Desa Pasinan Lemahputih tidak melulu untuk perbaikan jalan tetapi juga mencakup perbaikan lampu jalan, sumbangan, dan konsumsi kerjabakti. Selain itu terdapat penggunaan dana yang tidak ada keterangan sebesar Rp 4.750.000, juga sisa dana perbaikan jalan sebesar Rp 5.408.000 yang seharusnya dikembalikan kepada Kepala Dusun ketika Agus (wakil) menyerahkan kewenangannya kembali, nyatanya hanya dikembalikan sebagian. (2) Dalam praktik penarikan terdapat ujrah yang menurut hukum Islam rukun dan syaratnya sudah sesuai dengan ketentuan fikih. Sedangkan penggunaan dana perbaikan jalan di Dusun Pasinan menggunakan akad wakālah bil ujrah yang dalam praktiknya wakil tidak memenuhi ketentuan yang diberikan oleh muwakkil sehingga wakil dikatakan tidak amanah dalam melaksanakan tanggung jawabnya dan menjadikan akad tersebut rusak dan batal secara hukum. Dari hasil penelitian di atas, maka hendaknya perangkat desa lebih memperhatikan terhadap kegiatan penarikan dana di Desa Pasinan Lemahputih Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik untuk menghindari adanya praktik pungutan yang ilegal. Kepada pihak yang diberikan tugas untuk melakukan penarikan dana perbaikan jalan hendaknya lebih bisa menjaga amanah dari Kepala Dusun sehingga dana perbaikan jalan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfirah, Roisatulroisatulmagfirah@gmail.comC92217104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Nurhayatinurhayati@uinsby.ac.id2027066801
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Pembangunan
Keywords: Perbaikan jalan; Portal jalan; Penarikan dana perbaikan jalan bagi pengguna jalan roda empat.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Roisatul Maghfirah
Date Deposited: 01 Aug 2021 07:16
Last Modified: 01 Aug 2021 07:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49032

Actions (login required)

View Item View Item