Efektivitas penyaluran pembiayaan dari Wakaf Produktif untuk Peningkatan Pendapatan UMKM di Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah Wava Mandiri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabilah, Izza 'Ilma (2021) Efektivitas penyaluran pembiayaan dari Wakaf Produktif untuk Peningkatan Pendapatan UMKM di Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah Wava Mandiri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izza 'Ilma Salsabilah_G95217050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan pengamatan langsung ke lapangan. Sumber data primer didapatkan dari wawancara terhadap informan yaitu manager, supervisor, staff administrasi serta 13 nasabah Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah Wava Mandiri Surabaya sedangkan sumber data sekunder didapatkan melalui studi literatur yang dapat menunjang penelitian ini. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa yang pertama terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penyaluran pembiayaan dari wakaf produktif di Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah Wava Mandiri Surabaya, untuk faktor pendukung diantaranya berada di lingkungan pondok pesantren, inisiatif masyarakat yang tinggi, sudah ada fasilitas yang memadahi, terdapat uji kelayakan serta pendampingan dan kemajelisan. Sementara itu, untuk faktor yang menghambat yaitu adanya pembatasan masyarakat di era Covid-19, terkadang terdapat nasabah yang kurang serius. Yang kedua, terkait analisis efektivitas penyaluran pembiayaan wakaf untuk peningkatan pendapatan UMKM menggunakan teori Campbel yang terdapat beberapa indikator seperti pemahaman program, ketepatan Sasaran dan waktu, tercapainya target, tercapainya tujuan yang telah ditetapkan serta terdapat dampak positif yang ditimbulkan. Selain berpatokan pada teori Campbel, penilaian efektivitas dalam penelitian ini juga menggabungkan antara Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dijadikan landasan oleh BWM Al-Fithrah Wava Mandiri dengan realisasi programnya. Penyaluran pembiayaan wakaf produktif di BWM Al-Fithrah Wava Mandiri Surabaya dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM sekitar pesantren. Pendapatan usaha nasabah mengalami kenaikan berkat pembiayaan BWM Al-Fithrah. Dikatakan efektif karena sudah memenuhi tolak ukur Teori Campbel dan kesesuaian antara SOP dan realisasinya. Meskipun nasabah masih banyak yang belum mengetahui dana wakaf setidaknya mereka sudah mengetahui tujuan dan program dari Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyaluran pembiayaan wakaf produktif oleh Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah Wava Mandiri sudah efektif dalam meningkatkan pendapatan bagi UMKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabilah, Izza 'Ilmaizzailma88@gmail.comG95217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id198106062009012008
Subjects: Wakaf
Keywords: Efektivitas; Wakaf Produktif; Peningkatan Pendapatan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Izza 'ilma Salsabilah
Date Deposited: 28 Jul 2021 12:17
Last Modified: 28 Jul 2021 12:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49006

Actions (login required)

View Item View Item