Azan jihad FPI dalam pandangan Kiai Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan ditinjau dalam Perspektif Fenomenologi Edmund Husserl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choir, Miftaul (2021) Azan jihad FPI dalam pandangan Kiai Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan ditinjau dalam Perspektif Fenomenologi Edmund Husserl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftaul Choir_E91217088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada umumnya azan dikumandangkan sebagai pertanda untuk panggilan menunaikan ibadah sholat. Namun baru-baru ini, azan dikumandangkan dengan tujuan yang berbeda. Seperti yang dilakukan oleh Habib Reyhan al-Qodri dan para anggota FPI lainnya. Mereka merubah dalil azan jihad Hayya alas solah menjadi hayya alal jihad. Dengan tujuan membangkitkan semangat umat muslim, untuk melawan para pejabat pemerintah yang dianggap zolim di negara tercinta ini. Dengan demikian peneliti mengambil pandangan Kiai Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan dengan menggunakan teori noesis dan noema Edmund Husserl dalam menganalisis peristiwa tersebut. Yang jadi rumusan dalam hal ini yaitu bagaimana pandangan Kiai Nurul Cholil Bangkalan terhadap fenomena azan jihad yang dikumandangkan oleh Habib Reyhan al-Qodri dan para anggota FPI lainnya dan bagaimana makna azan jihad dipandang dari perspektif fenomenologi Edmund Husserl. Dengan hasil penelitian Kiai Pondok Pesantren Nurul Cholil terhadap fenomena azan jihad mengatakan tidak boleh mengubah teks azan karena lafad azan tersebut beserta susunan dan urutannya sudah pakem dari Nabi Muhammad SAW. Sedangkan dalam persepektif Edmud Husserl dikumandankannya azan jihad itu merupakan suatu ekspresi keagamaan yang ditampilkan oleh orang-orang FPI. Karena kesadaran yang dimiliki oleh para anggota FPI itulah yang membuat mereka merespon atau mengimplementasikan dari kesadarannya dalam menangkap fenomena atau realita yang terjadi di negara Indonesia, yang oleh Husserl disebut dengan deskripsi fenomenologis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choir, Miftaulmiftahkhoir232@gmail.comE91217088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Subjects: Agama
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Ulama
Keywords: Azan Jihad; Kiai Nurul Cholil; Edmund Husserl.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Miftaul Choir
Date Deposited: 28 Jul 2021 12:45
Last Modified: 28 Jul 2021 12:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48964

Actions (login required)

View Item View Item