Kritik Kalis Mardiasih di media sosial Instagram terhadap sistem patriarki. Perspektif Fatima Mernissi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Samosir, Khodijah (2021) Kritik Kalis Mardiasih di media sosial Instagram terhadap sistem patriarki. Perspektif Fatima Mernissi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khodijah Samosir_E01217014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kalis Mardiasih merupakan seorang aktivis muda dan juga seorang penulis yang menulis terkait isu-isu tentang Islam dan perempuan. Namanya dikenal sebab Kalis cukup kritis dan aktif membicarakan tentang isu-isu gender pada media sosialnya. Yang dimana salah satunya di media sosial Instagramnya Kalis banyak menulis opini-opini dan kritikan terhadap sistem patriarki yang masih ada hingga saat ini, dan banyak yang menyetujui dan menyukai kritik yang diunggah di media sosial Instagramnya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kritik Kalis Mardiasih di media sosial Instagram terhadap sistem patriarki, dan kritik Kalis Mardiasih di media sosial Instagram terhadap sistem patraiarki ditinjau dari perspektif Fatima Mernissi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana penelitian jenis ini menafsirkan dan menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedangterjadi, dan lain sebagainya. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dari data dokumentasi yang didapatkan peneliti dari kritikan Kalis di media sosial Instagramnya terhadap sistem patriarki, dan skunder data yang didapatkan dari teks buku, makalah, jurnal, skripsi, tesis, dan juga internet yang berguna sebagai tambahan data yang digunakan oleh peneliti. Kemudian analisis data yang digunakan oleh peneliti di sini adalah feminisme Fatima Mernissi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti bahwa kritik yang dilakukan oleh Kalis Mardiasih terhadap sistem patriarki di Media sosial Instagram miliknya, Diawali ketika Kalis remaja dia menemukan beberapa literatur-literatur atau buku seputar tentang perempuan dan keIslaman yang dimana isi dari buku tersebut adalah tentang perempuan yang dibicarakan mengenai persoalan dosa-dosanya, dan tentang bagaimana perempuan menjadi sumber fitnah. Kemudian Kritik Kalis Mardiasih di media sosial Instagram ditinjau dari perspektif Fatima Mernissi, akan menghasilkan sebuah relevansi atau keselarasan antara keduanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Samosir, Khodijahkhodijahsamosir07@gmail.comE01217014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmujitasmuji@uinsby.ac.id092100900963
Subjects: Budaya - Agama
Media Massa
Wanita dalam Islam
Keywords: Kritik; Kalis Mardiasih; Instagram; Sistem Patriarki; Feminisme Fatima Mernissi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Khodijah Samosir
Date Deposited: 28 Jul 2021 12:40
Last Modified: 28 Jul 2021 12:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48957

Actions (login required)

View Item View Item