Anjuran berperilaku baik terhadap keluarga: kajian ma’ani Al-Hadis dalam kitab Sunan Ibnu Majah No. 1977 perspektif sosiologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Siti (2021) Anjuran berperilaku baik terhadap keluarga: kajian ma’ani Al-Hadis dalam kitab Sunan Ibnu Majah No. 1977 perspektif sosiologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Fatimah_E95217043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keluarga adalah lembaga sosial pertama yang dimiliki oleh manusia. Keluarga hadir membawa serta fungsi-fungsi di dalamnya yang harus dijalankan dengan baik agar tercipta keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Penelitian ini hadir setelah melihat banyaknya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang terjadi di tengah masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai hadis Nabi yang tercantum dalam kitab Sunan Ibnu Majah No.1977 agar dapat memberikan pemahaman mengenai kualitas dan penjelasan hadis berperilaku baik terhadap keluarga sesuai ajaran Islam. Penelitian ini terfokus pada hubungan suami istri, dengan meneliti permasalahan seputar kualitas dan kehujahan hadis anjuran berperilaku baik terhadap keluarga dalam kitab Sunan Ibnu Maja>h No.1977 dan bagaimana pemaknaan terhadap hadis tersebut baik dari segi ma’ani al-hadis maupun makna kontekstual menggunakan teori struktural-fungsional. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Hadis diteliti menggunakan kaidah kritik sanad dan matan, i’tibar, takhrij al-hadis serta kaidah jarh wa ta’dil, sedangkan untuk pemahaman maknanya menggunakan metode ma’ani al-hadis dan menggali makna kontekstual hadis. Adapun hasil yang didapatkan adalah hadis ini awalnya berstatus d}aif karena terdapat dua perawi yang dinilai majhu>l al-ha>l. Namun, setelah ditemukan adanya hadis pendudkung dari jalur Aishah yang berstatus shahih, maka hadis ini naik tingkat menjadi hasan lighayrihi. Hadis ini mempunyai makna mengajak manusia untuk berperilaku baik kepada keluarganya secara universal sesuai ajaran Al-Qur’an dan Hadis. Hadis ini secara tersirat menjelaskan bahwa pernikahan adalah hubungan yang berlandaskan cinta kasih sehingga tidak boleh diciderai menggunakan kekerasan dalam bentuk apapun. Hadis ini juga memberikan pengajaran kepada suami istri bagaimana cara berperilaku baik satu sama lain sehingga menciptakan rumah tangga yang bahagia dan seimbang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Sitifatimahadnan49@gmail.comE95217043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainul, Arifin--2002025601
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Keluarga; Hadis berperilaku baik; Struktural-Fungsional.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 01 Aug 2021 07:36
Last Modified: 01 Aug 2021 07:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48953

Actions (login required)

View Item View Item