Analisis Framing Robert N. Entman terhadap berita kontra radikalisme pada akun Youtube NU Channel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarokah, Nur Faizatul (2021) Analisis Framing Robert N. Entman terhadap berita kontra radikalisme pada akun Youtube NU Channel. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Faizatul Mubarokah_E91217047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam skripsi yang berjudul Analisis Framing Kontra Radikalisme pada akun Youtube NU Channel, ini penulis akan memfokuskan penelitian pada kasus radikalisme yang berlatar belakang pada maraknya penyebaran pemikiran radikal pada media sosial, dimana kelompok-kelompok radikal ini memanfaatkan kecanggihan teknologi yang mudah di akses pada semua golongan untuk membuat sebuah bingkai mengenai agama. Kelompok radikal melegitimasi bentuk kekerasan dan pembunuhan dalam narasi-narasi pada media sosial. maka dari itu, perlu adanya sebuah tindakan yang kontra terhadap permasalahan yang disuguhkan oleh kelompok radikal. Berdasarkan masalah diatas timbul pertanyaan bagaimana radikalisme yang ada di media sosial? dan bagaimana NU Channel melakukan strategi kontra radikalisme melalui platform Youtube NU Channel? Maka dilakukan penelitian pada channel Youtube NU Channel dari salah satu media resmi yang dimiliki oleh PBNU. Batasan penelitian ini adalah pada kategori konten kontra radikalisme agama. Penelitian ini menggunakan metode analisis Framing Robert N. Entman untuk melakukan penelitian ini, dengan menggunakan dua perangkat utama yakni seleksi isu dan penonjolan aspek, dan juga menggunakan empat konsep pokok yakni define problem, diagnose causes, make moral judgement, dan treatment recommendation. Ditemukan bahwa kontra radikalisme agama yang dilakukan oleh NU Channel lebih banyak membahas mengenai persoalan yang berhubungan dengan watak islam wasathiyah, bahwa NU adalah organisasi yang toleran, menjunjung tinggi nilai kemajemukan NKRI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarokah, Nur Faizatulfaizamubarokah@gmail.comE91217047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Radikal dan Radikalisme
Keywords: Kontra Radikalisme Agama; Radikalisme; Media Sosial; Nahdlatul Ulama.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nur Faizatul Mubarokah
Date Deposited: 29 Jul 2021 00:11
Last Modified: 29 Jul 2021 00:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48946

Actions (login required)

View Item View Item