Pandangan eskatologis ustaz Zulkifli Muhammad Ali terhadap konstruksi paham radikalisme di media sosial YouTube: telaah semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlila, Ilma (2021) Pandangan eskatologis ustaz Zulkifli Muhammad Ali terhadap konstruksi paham radikalisme di media sosial YouTube: telaah semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilma Fadlila_E91217078.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pandangan eskatologis Ustaz Zulkifli Muhammad Ali di Media Sosial YouTube dan menganalisis dengan menggunakan analisis semiotika nalar eskatologi Ustaz zulkifli Muhammad Ali terhadap konstruksi radikalisme di media sosial YouTube. Skripsi ini akan menjawab dua masalah, pertama, bagaimana konstruksi paham radikalisme di YouTube dalam pandangan eskatologis ustaz Zulkifli Muhammad Ali?. Yang kedua, bagaimana nalar eskatologis ustaz Zulkifli Muhammad ali tentang konstruksi radikalisme di YouTube dalam telaah semiotika Charles Sanders Peirce?. Pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang terbagi menjadi tiga komponen, yaitu tanda (representemen), objek, dan interpretant. Data diperoleh dengan melakukan analisis dokumen dan riset kepustakaan yang berhubungan dengan tema yang dikaji. Dalam skripsi ini terdapat beberapa temuan, pertama, konstruksi radikalisme dalam pandangannya tentang eskatologi oleh Ustaz Zulkifli Muhammad Ali dalam ceramahnya yang di unggah di YouTube terletak pada pembahasannya mengenai, hadist yang membahas tentang fase kepemimpinan umat manusia, fase tersebut ialah fase kenabian, fase khilafah, fase kerajaan dengan menggunakan sistem kenabian, fase kekosongan khilafah, dan fase khilafah ala minhajin nubuwwah, pembahasan Q.S an-Nur ayat 55. Dan, terkait analisa dari orang-orang Barat yang mengatakan akan tegaknya kembali sistem khilafah. Dan temuan yang kedua, Berdasarkan telaah semiotika Charles Sanders Peirce, ustaz Zulkifli Muhammmad Ali secara tidak langsung melakukan tindakan persuasif yang dapat mengarahkan masyarakat atau pendengar ceramahnya untuk mempercayai bahwa kiamat memang benar akan terjadi dan tidak lama lagi khilafah juga akan kembali berdiri, dan hal tersebut bukan hanya wacana semata. Dari uraian analisis yang dilakukan peneliti memiliki asusmsi bahwa terdapat penyebaran ideologi khilafah dalam ceramah eskatologinya. Dari pembahasannya mengenai akan berdirinya khilafah kembali dengan dibuktikan adanya hadist yang membahas fase kepemimpinan sampai adanya analisa dari orang Barat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlila, Ilmailmafadlila30@gmail.comE91217078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Radikal dan Radikalisme
Keywords: Eskatologi; Ustaz Zulkifli Muhammad Ali; Radikalisme, Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ilma Fadlila
Date Deposited: 26 Jul 2021 01:18
Last Modified: 26 Jul 2021 01:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48882

Actions (login required)

View Item View Item