Cyber Religion dan dampaknya dalam buku “Mengaji Kepada Ustadz Google” Karya Ahmad Sarwat (berdasar analisis Hermeneutika Gadamer)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiyah, Putri Nur Hidayatul (2021) Cyber Religion dan dampaknya dalam buku “Mengaji Kepada Ustadz Google” Karya Ahmad Sarwat (berdasar analisis Hermeneutika Gadamer). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Nur Hidayatul Ilmiyah_E91217107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang fenomena cyber religion atau mengaji melalui google yang saat ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh seluruh umat. Fenomena tersebut akan dikaji melalui buku “Mengaji Kepada Ustadz Google”. Skripsi ini akan menjawab dua pertanyaan, yaitu: pertama, bagaimana cyber religion dan dampaknya menurut Ahmad Sarwat dalam bukunya “Mengaji Kepada Ustadz Google”? kedua, bagaimana pandangan Ahmad Sarwat tentang cyber religion dan dampaknya jika dianalisis berdasar Hermeneutika Gadamer?. Adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif analisis yang bersifat deskriptif dengan mengumpulkan data menggunakan kajian pustaka. Skripsi ini menemukan bahwa: pertama, Cyber religion dan dampaknya menurut Ahmad Sarwat dalam bukunya “Mengaji Kepada Ustadz Google” adalah kesalahan mengaji kepada ustadz google yakni mengaji kepada yang bukan sumber rujukan ilmu dan bukan ulama’. Hal ini mengakibatkan pelaku cyber religion yang tidak memiliki kemampuan untuk memilah pengetahuan yang didapatkan melalui internet dapat mengakibatkan pada kesalahpahaman. Kedua, Berdasarkan teori Hermeneutika Gadamer terhadap cyberreligion dan dampaknya dalam buku “Mengaji Kepada Ustad Google” yang sudah dijelaskan maka ketika belajar agama tidak dapat menggunakan google sebagai rujukan utama dikarenakan tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur kebenaran. Hal ini diperlukan adanya kesadaran untuk merubah kebiasaan menggunakan internet sebagai guru dalam beragama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiyah, Putri Nur Hidayatulputriilmiyah9@gmail.comE91217107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: cyber religion; Ustadz Google; Hermeneutik Gadamer.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Putri Ilmiyah
Date Deposited: 24 Jul 2021 10:40
Last Modified: 24 Jul 2021 10:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48851

Actions (login required)

View Item View Item