Hadis larangan tidur setelah makan: kajian ma’ani al hadis kitab ‘Amal al yaum wa allailati nomor 488

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Irma Miftahur (2021) Hadis larangan tidur setelah makan: kajian ma’ani al hadis kitab ‘Amal al yaum wa allailati nomor 488. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irma Miftahur Rohmah_E95217056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam menjalani kehidupannya, manusia membutuhkan makan dan minum. Selain itu tidur juga merupakan salah satu kebutuhan yang memiliki banyak manfaat apabila dijaga sesuai pola tidur yang baik. Berbeda dengan tidur setelah makan, ternyata memiliki dampak tersendiri bagi tubuh. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini berjudul “Hadis Larangan Tidur Setelah Makan (Kajian Ma’ani al-Hadis Kitab ‘Amal al-Yau>m Wa>-Allailati> Nomor 488 Karya Ibn al-Sunni dengan Pendekatan Kesehatan)”. Dengan rumusan masalah bagaimana kualitas dan ke-hujjah an hadis larangan tidur setelah makan dalam kitab ‘Amal al-Yau>m Wa> al-Lailati> dan bagaimana ma’ani al-hadis tentang hadis larangan tidur setelah makan ditinjau dari kesehatan. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan memaparkan beberapa data terkait ke-hujjah an hadis larangan tidur setelah makan dikaitkan dengan kesehatan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, hadis larangan tidur setelah makan dalam kitab ‘Amal al-Yau>m Wa>-Allailati< nomor 488 secara sanad adalah d}a’if namun secara matan s}ah}i>h}. Meskipun demikian, menurut analisa penulis hadis tersebut merupakan fada’il al-amal, sehingga dapat diamalkan karena dari larangan tersebut terdapat manfaat dan hadis tidak bertentangan dengan Alquran, atau ilmu lainnya. Kedua, hadis larangan tidur setelah makan secara matan s}ah}i>h}, hal ini dapat dibuktikan melalui kesehatan bahwa tidur setelah makan memiliki dampak negatif yang dapat ditimbulkan, di antaranya yaitu:1) dapat menimbulkan kelebihan berat badan(obesitas), 2) menimbulkan penyakit asam lambung, 3) meningkatkan risiko diabetes melitus, 4) dapat menyebabkan kerasnya hati sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Irma Miftahurirmamiftahurrohmah@gmail.comE95217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzayyanah Mutashim-195812311997032001
Subjects: Adab
Perilaku
Keywords: Hadis; tidur; makan; kesehatan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Irma Miftahur Rohmah
Date Deposited: 23 Jul 2021 08:46
Last Modified: 23 Jul 2021 08:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48825

Actions (login required)

View Item View Item