Peran guru dan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid 19 di Min 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Ayu Gustiana (2021) Peran guru dan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid 19 di Min 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Gustiana sari_D97217037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masa pandemi Covid-19 berakibat pada sektor pendidikan seperti sekolah menghentikan proses pembelajaran secara tatap muka. Sebagai gantinya, proses pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh. MIN 1 Lamongan merupakan lembaga sekolah yang melakukan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 sebagai upaya memutus rantai penyebaran. Pada pembelajaran jarak jauh dibutuhkan panduan dan mekanisme kontrol yang khusus, yang dilakukan oleh guru dan orang tua. Karena dalam pembelajaran jarak jauh peranan orang tua dan guru itu sangat penting untuk tercapainya tujuan pembelajaran, Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui apa saja peran guru dan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Lamongan, (2) untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru dan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Lamongan, (3) untuk mengetahui solusi dari kesulitan yang dialami guru dan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini terdapat tiga tahap yaitu (1) reduksi data, (2) data display, (3) penarikan kesimpulan. Adapun pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk peran guru dalam pembelajaran jarak jauh di MIN Lamongan yaitu a) sebagai sumber belajar, b) sebagai fasilitator, c) sebagai motivator, d) sebagai evaluator. Sedangkan bentuk peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh di MIN 1 Lamongan yaitu a) mendampingi, b) mengawasi, c) memberikan perhatian, d) memberikan motivasi. 2) Kesulitannya yaitu a) handpohone, b) kuota internet, c) sinyal internet, d) perhatian orang tua. 3) Solusi dalam mengatasi kesulitan dalam pembelajaran jarak jauh dari guru dan orang tua yaitu a) melakukan kerja sama antara guru dan orang tua, b) menggunakan media yang mudah dipahami dan diakses oleh guru, orang tua, maupun siswa, c) Orang tua memberikan pengawasan secara penuh kepada anak dalam proses pembelajaran jarak jauh, d) mengajak bermain sebagai upaya orang tua menghadapi anak yang bosan belajar dari rumah, e) memberikan hadiah untuk menumbuhkan motivasi belajar anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Ayu Gustianaayugustianas@gmail.comD97217037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJauharoti, Alfinalfin_ftkuin2014@yahoo.com2006067301
Subjects: Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Peran Guru; Peran Orang Tua; Pembelajaran Jara Jauh.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ayu gustiana sari
Date Deposited: 23 Jul 2021 13:02
Last Modified: 23 Jul 2021 13:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48799

Actions (login required)

View Item View Item