Evaluasi pelaksanaan program gerakan 18-21 dalam mengatasi penggunaan gadget pada anak usia dini di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahdaniyah, Winda (2021) Evaluasi pelaksanaan program gerakan 18-21 dalam mengatasi penggunaan gadget pada anak usia dini di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Winda Wahdaniyah_D98216081.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan program Gerakan 18-21 dalam mengatasi penggunaan gadget pada anak usia dini di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan melalui empat Aspek, yakni: 1) Aspek konteks, 2) Aspek masukan, 3) Aspek proses, dan 4) Aspek hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi empat peserta program yakni Kepala Desa, Ketua Pelaksana, Satgas Desa, Satgas RT (orang tua anak usia dini) dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan instrument penelitian. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, display data, serta verifikasi data. Teknik pengujian keabsahan data dengan triangulasi dan member check. Hasil penelitian diketahui bahwa: evaluasi pelaksanaan program Gerakan 18-21 dalam mengatasi penggunaan gadget pada anak usia dini di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan: 1) Aspek konteks, yaitu latar belakang Pelaksanaan program Gerakan 18-21 mempunyai dasar hukum yang jelas dasar hukum yang jelas, yakni surat undangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Nomor: 005/246/413.101/2018 tentang sosialisasi program Gerakan 18-21. 2) Aspek masukan berupa Kompetensi Satgas Desa belum kompeten, Kompetensi Satgas RT sekaligus yang menjadi peserta program telah baik, Sarana dan prasarana program Gerakan 18-21 sudah ada, akan tetapi belum mencukupi baik secara kualitas maupun kuantitas, administrasi data informasi program Gerakan 18-21 masih banyak kekurangan. 3) Aspek proses meliputi perancangan pelaksanaan program Gerakan 18-21 sudah bagus; kinerja Satgas Desa dalam evaluasi proses mengenai kemampuan menjalankan tugas belum bagus; aktivitas Peserta dalam pelaksanaan program diketahui bahwa telah lumayan baik akan tetapi masih ada beberapa peserta yang masih melanggar program; penjadwalan dalam pelaksanaan program perlu adanya kesesuaian pengoptimalan waktu pelaksanaan program antara perencanaan program, Ketua Pelaksana, Satgas Desa, Satgas RT dan peserta program; evaluasi pelaksanaan program Gerakan 18-21 di Desa Latukan sudah dibuat secara tertulis, akan tetapi evaluasi tersebut belum mencakup secara keseluruhan. 4) Aspek hasil yaitu pelaksanaan program Gerakan 18-21 di Desa Latukan sudah mengalami peningkatan kualitas hubungan antara anak dengan orang tua maupun dengan sesama anggota keluarga, berkurangnya penggunaan gadget dan TV pada jam 18.00-21.00 WIB, serta lebih memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang positif seperti belajar, mengaji, maupun mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahdaniyah, Windawindawahdaniyah18@gmail.comD98216081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharoti--2006067301
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Organisasi Masyarakat
Orang tua dan Anak
Keywords: Evaluasi; Program Gerakan 18-21; Penggunanaan Gadget.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Winda Wahdaniyah
Date Deposited: 22 Jul 2021 15:00
Last Modified: 22 Jul 2021 15:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48758

Actions (login required)

View Item View Item