Peran majelis dzikir Al Khidmah dalam membangun religiusitas masyarakat di Dusun Prijek Lor Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafis, Hanifun (2021) Peran majelis dzikir Al Khidmah dalam membangun religiusitas masyarakat di Dusun Prijek Lor Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifun Nafis_E02217014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Prijek Lor merupakan masyarakat yang penduduknya belum mempunyai sikap religiusitas sebelum datangnya majelis dzikir Al Khidmah. Karena pada saat itu masyarakat Prijek Lor diidentifikasikan sangat lemah pemahamannya terhadap agama, sehingga penduduknya sebagaian masuk dalam interpretasi glimang dosa. Setelah datangnya majelis dzikir Al Khidmah masyarakat Prijek Lor diidentifikasi mengalami suatu perubahan sikap religius yang positif baik dari dirinya sendiri maupun masyarakat setempat. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk memahami, menganalisis, dan menjelaskan peran apakah yang dimainkan majelis dzikir Al Khidmah dalam membangun religiusitas di Dusun Prijek Lor. Penelitian ini mengkaji 1.) Apa saja yang dilakukan majelis dzikir Al Khidmah dalam membangun religiusitas masyarakat di dusun Prijek Lor kabupaten Lamongan? 2.) Bagaimana respon masyarakat Prijek Lor terhadap majelis dzikir Al Khidmah Untuk menjawab pertanyaan diatas, maka penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Skripsi ini menggunakan teori peran dari Bruce J. Biddle and Edwin J. Thomas dan teori religiusitas dari Glock dan Strak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, peran majelis dzikir Al Khidmah dalam membangun religiusitas ditandai dengan mengikuti sebuah kegiatan keagamaannya seperti majelis istighosah, majelis dzibaiyah, dan majelis manaqib Syekh Abdul Qadir Al Jailani. Kedua, mengetahui respon masyarakat Prijek Lor terhadap keberadaan majelis Al Khidmah di Dusun nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafis, Hanifunnafishanifun99@gmail.comE02217014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama
Budaya - Agama
Keywords: Majelis Dzikir Al Khidmah; Peran; Religiusitas.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Hanifun Nafis
Date Deposited: 22 Jul 2021 12:53
Last Modified: 22 Jul 2021 12:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48742

Actions (login required)

View Item View Item