Keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik Kelas VI C di MIN 1 Lamongan, Blawirejo Kedungpring Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifah, Lailatus (2021) Keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik Kelas VI C di MIN 1 Lamongan, Blawirejo Kedungpring Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatus Syarifah_D97217060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yakni mengenai pengelolaan kelas, dimana pengelolaan kelas merupakan masalah yang kompleks, pengelolaan kelas sangat dibutuhkan guna mengoptimalkan pembelajaran. Oleh karenanya guru harus memiliki keterampilan dalam mengelola kelas dan pentingnya mengelola kegiatan utama dalam pengelolaan kelas untuk menciptakan dan memertahankan kondisi kelas sedemikian rupa sehingga anak didik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Metodologi penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dimana dalam bentuk penjabaran data dilakukan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa 1) Dalam keterampilan pengelolaan kelas dapat ditempuh dengan dua cara keterampilan yang bersifat represif dan preventif hal ini dibuktikan melalui hasil observasi, dan wawancara kepada guru kelas 6C. Untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal seorang guru menunjukkan sikap tanggap, membagi dan memberikan perhatian secara menyeluruh. Keterampilan pengelolaan kelas yang kedua bersifat represif, guru telah memanfatkan metode pemecahan masalah kelompok untuk mengendalikan kondisi belajar yang optimal. Cara dalam mengelola pemecahan masalah kelompok bisa dilakukan dengan memperlancar tugas dan memelihara kegiatan – kegiatan kelompok, tujuannya agar terjalin kerja sama antar siswa satu dengan siswa lainnya. 2). Kegiatan utama dalam keterampilan pengelolaan kelas yang dilakukan guru dalam pembelajaran yang pertama adalah menciptakan iklim belajar yang optimal. Yang kedua yakni mengatur ruangan belajar, Kegiatan terkait pengaturan ruang kelas dibuktikan dengan pengaturan tempat duduk, pengaturan media pendidikan. Kegiatan utama yang ketiga yakni mengelola interaksi belajar yang dibuktikan Guru kelas 6C dalam mengelola interaksi belajar cenderung terlihat ketika guru melakukan kegiatan membuka dan menutup pelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifah, LailatusLailatussyarifahuinsa060@gmail.comD97217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorMusthofa, M.Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Guru
Keterampilan
Keywords: Keterampilan Guru dan Pengelolaan Kelas.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lailatus Syarifah
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:05
Last Modified: 22 Jul 2021 07:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48735

Actions (login required)

View Item View Item