Implementasi manajemen risiko menggunakan pendekatan BPRIM pada proses bisnis administrasi kependudukan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Ainus Sukma El Diana (2021) Implementasi manajemen risiko menggunakan pendekatan BPRIM pada proses bisnis administrasi kependudukan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainus Sukma El Diana Putri_H76217026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Risiko adalah suatu dampak yang belum dapat dipastikan apakah kedepannya berdampak buruk terhadap tujuan suatu organisasi atau berdampak baik terhadap tujuan suatu organisasi. Risiko bisa menjadi sebuah rintangan besar bagi setiap organisasi, dengan adanya risiko – risiko tersebut organisasi harus melakukan manajemen risiko dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat level kategori risiko yang ada pada website Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan (POEDAK), sebagai website pengajuan dokumen kependudukan secara online milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Untuk menganalisis risiko secara detail, dalam penelitian ini mengacu pada bisnis proses pengajuan dokumen kependudukan melalui online pada website POEDAK. Sebelum melakukan analisis risiko, peneliti terlebih dahulu menggambarkan proses bisnis yang ada sesuai dengan standar Business Process Model and Notation (BPMN), selanjutnya melakukan wawancara untuk memperoleh data terkait manajemen risiko yang kemudian ditulis pada risk register. Setelah itu penulis menggambarkan diagram analisis risiko menggunakan Business Process Risk management – Integrated Method (BPRIM) untuk dilakukan pengujian terkait hasil analisis risiko yang dilakukan secara manual menggunakan risk register dan analisis risiko menggunakan BPRIM. Dari hasil risk matriks yang dihasilkan dari risk register dan BPRIM, diperoleh hasil matriks yang sama. Maka dengan itu dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan BPRIM dapat dijadikan solusi dalam melakukan analisis risiko untuk menggantikan proses analisis risiko yang biasanya hanya dilakukan secara manual menggunakan risk register.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Ainus Sukma El Dianaainussukmael@gmail.comH76217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorMilad, Mohammad Khusnum.milad@uinsby.ac.id0729017902
Subjects: Manajemen Perkantoran
Manajemen Strategi
Manajemen Informasi
Keywords: Business Process Model and Notation (BPMN); Business Process Risk management – Integrated Method (BPRIM); Manajemen Risiko; Risk register.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Ainus Sukma El Diana Putri
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:17
Last Modified: 22 Jul 2021 06:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48720

Actions (login required)

View Item View Item