Studi pemikiran Asrar I Khudi Muhammad Iqbal tentang Harmonisasi Tasawuf dan Politik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Anas Akbar Nur (2021) Studi pemikiran Asrar I Khudi Muhammad Iqbal tentang Harmonisasi Tasawuf dan Politik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anas Akbar Nur Hidayah_E07217004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada skripsi ini mengkaji tentang pemikiran Asrar I khudi Muhammad Iqbal tentang harmonisasi tasawuf dan politik. Pembahasan pada kajian ini tentang bagaimana pergerakan kalangan sufisme dalam upaya menyeimbangkan antara urusan akhirat dengan dunianya. Dalam skripsi ini mengambil salah tokoh yaitu Muhammad Iqbal, ia merupakan seorang filosof, sufi, dan politikus. Rumusan masalah pada pembahasan ini yaitu Pertama, bagaimana harmonisasi antara tasawuf dan politik pemikiran Muhammad Iqbal? Kedua, Bagaimana implementasi tasawuf dan politik Muhammad Iqbal dalam politik kenegaraan? Tujuan dari kajian ini adalah menjelaskan bagaiamana mengharmonisasikan antara tasawuf dan politik. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu kajian pustaka (Library Research). Teknik yang digunakan penulis yakni dengan metode historis, memaparkan tentang biografi tokoh serta mencari garis fikirnya dan menggunakan teknik deskriptif menguraikan kenyataan dengan akurat, faktual serta sistematis dengan relevansi pada fenomena yang diselidiki. Iqbal yang merupakan tokoh Pan-Islamisme abad kedua puluh juga turut mengkritik tentang sufi yang tidak aktif pada urusan dunia, ia berdalih bahwa manusia diturunkan ke muka bumi untuk menjadi wakil Tuhan untuk menjaga dan merawat keberlangsungan hidup yang ada. Muhammad Iqbal dikenal dengan teori Khudi nya, suatu arah penemuan manusia untuk mengerti ke-Aku-an. Masyarakat muslim harus bangun dan mampu mengejar ketertinggalannya dari bangsa barat, sebelum mengejar kepada aspek politik dan lainnya, Iqbal berfokus kepada umat Islam untuk mampu menemukan ego nya, ketika seluruh muslim pondasinya sudah kuat maka akan timbul suatu arah perubahan yang nyata. Muhammad Iqbal pada aspek politik membuktikan segala teori dan pemikirannya dengan upaya memerdekakan masyarakat muslim India dengan membentuk negara sendiri dengan nama Pakistan, hingga akhirnya ia dijuluki sebagai Bapak Pakistan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Anas Akbar Nuranazh478@gmail.comE07217004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Politik
Pemikiran
Tasawuf
Keywords: Tasawuf; Politik; Muhammad Iqbal.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Anas Akbar Nur Hidayah
Date Deposited: 21 Jul 2021 12:15
Last Modified: 21 Jul 2021 12:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48712

Actions (login required)

View Item View Item