Peran pendidik dalam meningkatkan karakter religius pada sentra agama di Tk Masyithoh 12 Gempol Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Pratiwi Mey (2021) Peran pendidik dalam meningkatkan karakter religius pada sentra agama di Tk Masyithoh 12 Gempol Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pratiwi Mey Handayani_D99217080.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian di latar belakangi oleh peran pendidik dalam meningkatkan karakter religus pada sentra agama di TK Masyithoh 12 Gempol Pasuruan peran pendidik kurang dalam memahami karakteristik masing-masing peserta didik. Dalam peningkatan karakter religius sudah baik namun, kurangnya pemberitahuan atau pelaporan yang kurang mendetail kepada wali murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pendidik dalam meningkatkan karakter religius pada sentra agama yang nantinya akan membentuk karakter yang berbasis islami. Tujuan dari penelitian ini : 1. Mendeskripsikan peran pendidik di TK Masyithoh 12 Gempol Pasuruan dan 2. Untuk mendeskripsikan cara meningkatkan. karakter religius pada sentra agama di TK Masyithoh 12 Gempol Pasuruan. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah pendidik yang terdiri dari 2 guru yaitu guru kelompok B1 dan B2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga sampai pada kesimpulan data yang berbentuk deskriptif. Penyajian data tersebut diuraikan dalam bentuk kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan, bahwa peran pendidik dalam meningkatkan karakter religius pada sentra agama sudah baik seperti menjalankan tugasnya seperti fasilitator, mediator, inspirator, dan evaluator. Cara yang digunakan dalam meningkatkan karakter religius pada sentra agama di TK Masyithoh 12 Gempol Pasuruan yaitu kegiatan pembelajaraan, peneladanan, pembiasaan dan penilaian. Dalam kegiatan pembelajaran pendidik menggunakan empat pijakan yaitu:. pijakan lingkungan main, pijakan pengalaman sebelum main, pijakan selama anak main, dan pijakan setelah bermain untuk menstimulus, memberi dan menggali pengetahuan dan pengalaman bermain sambil belajar sesuai dengan minat yang berpusat pada anak sehingga dapat meningkatkan karakter religius pada diri anak yang berdampak baik ke depannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Pratiwi Meypratiwimei25@gmail.comD99217080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahri--197307222005011005
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Peran Pendidik; Karakter Religius dan Sentra Agama.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Pratiwi Mey Handayani
Date Deposited: 21 Jul 2021 07:11
Last Modified: 21 Jul 2021 07:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48710

Actions (login required)

View Item View Item