Pengaruh pelayanan lembaga Amil Zakat terhadap minat Muzakki membayar Zakat: studi kasus di Lazismu Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Namiroh, Nur Madinatul (2021) Pengaruh pelayanan lembaga Amil Zakat terhadap minat Muzakki membayar Zakat: studi kasus di Lazismu Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Madinatul Namiroh_G95217061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yaitu berupa angka yang menggunakan analisis dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara dan kuisioner. Penelitian ini dilakukan di lembaga amil zakat Lazismu Kabupaten Gresik. sampel dalam penelitian ini adalah muzakki yang membayar zakatnya pada Lembaga Amil Zakat Lazismu Kabupaten Gresik, sedangkan populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 muzakki dengan menggunakan teknik sampling purposive. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik melalui uji regresi linier sederhana, uji (parsial), dan uji koefisien determinasi (R^2). Dari hasil uji t diketahui t hitung 9,341 > t tabel 2,010. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa 2,010 < 9,341 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel pelayanan lembaga amil zakat mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. sedangkan dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,645 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh pelayanan LAZ (X) terhadap Muzakki membayar zakat (Y) sebesar 64%. Sedangkan 36% dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Serta hasil dari uji regresi linier sederhana diketahui bahwa nilai signifikansi dari tabel Coefficients diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan lembaga amil zakat berpengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat di Lazismu Kabupaten Gresik. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian yang sama diharapkan tidak terbatas pada pelayanan saja tetapi juga menambahkan faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi minat muzakki membayar zakat di Lazismu Kabupaten Gresik. Dan bagi pihak Lazismu Kabupaten Gresik, berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat. Hal ini dapat dikatakan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Lazismu Kabupaten Gresik memberikan kemudahan pada muzakki yang menunaikan zakatnya, oleh karena itu sebagai lembaga amil zakat yang mengelola zakat secara profesional diharapkan untuk terus meningkatkan pelayanan yang diberikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Namiroh, Nur Madinatulmadinahnamira@gmail.comG95217061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Subjects: Layanan
Zakat
Keywords: lazismu gresik; pelayanan; minat muzakki.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Nur Madinatul Namiroh
Date Deposited: 23 Jul 2021 15:07
Last Modified: 23 Jul 2021 15:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48705

Actions (login required)

View Item View Item