تحليل جودة أسئلة الامتحان النهائي في درس اللغة العربية للصف الثاني عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ١ لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Velida Apria (2021) تحليل جودة أسئلة الامتحان النهائي في درس اللغة العربية للصف الثاني عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ١ لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Velida Apria Ningrum_D92217080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan evaluasi memiliki manfaat yang besar dalam dunia pendidikan, begitu juga dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu cara melakukan evaluasi adalah dengan melakukan tes dengan soal-soal. Agar bisa mengevaluasi peserta didik dengan tepat maka diperlukan soal yang berkualitas.Untuk mengetahui kualitas suatu soal maka dilakukanlah analisis pada butir soal. Dengan melakukan analisis butir soal akan melihat apakah soal terlalu mudah atau terlalu sulit dan dapat mengetahui kemampuan peserta didik secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penialaian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS versi 22 dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitan menunjukkan : (1) kualitas soal berdasarkan validitas, sebanyak 27 butir soal atau 90% dinyatakan valid sedangkan 3 butir soal atau 10% dinyatakan tidak valid; (2) kualitas soal berdasarkan reliabilitas, diperoleh nilai Rh = 0,806 yang berarti soal tersebut dinyatakan reliabel; (3) kualitas soal berdasarkan daya beda, butir soal yang memiliki daya beda jelek berjumlah 4 butir atau 13%, butir soal yang memiliki daya beda cukup berjumlah 10 butir atau 33%, butir soal yang memiliki daya beda baik berjumlah 16 butir atau 54%, tidak ada butir soal yang memiliki daya beda baik sekali & negatif; (4) kualitas butir soal berdasarkan tingkat kesukaran, butir soal yang memiliki tingkat kesukaran mudah sebanyak 28 soal atau 93%, butir soal yang memiliki tingkat kesukaran sedang sebanyak 2 soal atau 7%, tidak ada butir soal yang memiliki tingkat kesukaran sulit. Butir soal yang memiliki kualitas baik akan disimpan di bank soal. Butir soal yang kurang baik akan direvisi san soal yang memiliki kualitas jelek akan dibuang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Velida Apriavelida.apria7@gmail.comD92217080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, Muhammadbaihaqi.sby@gmail.com2020027401
Thesis advisorMuflihah, Muflihahserol_seril@yahoo.com2012067602
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Keywords: Analisis; evaluasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Velida Apria Ningrum
Date Deposited: 20 Jul 2021 12:47
Last Modified: 20 Jul 2021 12:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48666

Actions (login required)

View Item View Item