Analisis kesulitan pembelajaran jarak jauh (daring) pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Sukomoro Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Rika Putri (2021) Analisis kesulitan pembelajaran jarak jauh (daring) pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Sukomoro Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Putri Amelia_D99217048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang peneliti mengambil judul skripsi “Analisis Kesulitan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Sukomoro Kediri” adalah karena adanya situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan menjalankan sistem pendidikan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan dan faktor penyebab kesulitan pembelajaran jarak jauh yang dialami anak usia dini di TK Dharma Wanita Sukomoro Kediri serta bagaimana upaya guru untuk mengatasi kesulitan pembelajaran jarak jauh tersebut. Tujuan dari penelitian ini: 1) mengetahui apa saja kesulitan pembelajaran jarak jauh (daring) yang dialami anak usia dini di TK Dharma Wanita Sukomoro Kediri, 2) memahami faktor yang menyebabkan kesulitan pembelajaran jarakjauh di TK Dharma Wanita Sukomoro Kediri, 3) mengetahui apa saja upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh di TK Dharma wanita Sukomoro Kediri. Dalam penelitian skripsi ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melaksanakan observasi di lapangan dan berinteraksi dengan narasumber secara langsung, dengan tujuan mendapatkan informasi secara akurat tentang bagaimana kesulitan pembelajaran jarak jauh pada anak usia dini di TK Dharma Wanita Sukomoro Kediri. Adapun sasaran pada penelitian skripsi ini adalah peserta didik, orang tua, dan guru di TK Dharma Wanita Sukomoro Kediri. Kesimpulan pada skripsi ini adalah bahwa kesulitan pembelajaran jarak jauh pada anak usia dini meliputi empat indikator. Adapun faktor penyebab kesulitan pembelajaran jarak jauh pada anak usia dini meliputi dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan upaya guru untuk mengatasi kesulitan pembelajaran jarak jauh pada peserta didik di TK Dharma Wanita Sukomoro Kediri adalah dengan mengatasi kesulitan yang berasal dari luar peserta didik dan dari dalam diri peserta didik itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, Rika Putriameliarikaputri99@gmail.comD99217048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Orang tua dan Anak
Keywords: Kesulitan Belajar; PJJ; Upaya; Pembelajaran jarak jauh.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rika Putri Amelia
Date Deposited: 21 Jul 2021 03:13
Last Modified: 21 Jul 2021 03:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48657

Actions (login required)

View Item View Item