Pengaruh kualitas layanan Internet service provider seluler pada kepuasan mahasiswa terhadap perkuliahan Daring Masa Pandemi COVID-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prawesty, Nurya (2021) Pengaruh kualitas layanan Internet service provider seluler pada kepuasan mahasiswa terhadap perkuliahan Daring Masa Pandemi COVID-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurya Prawesty_H76217064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Internet menjadi hal yang diminati masyarakat dengan fakta kenaikan pengguna pada tahun 2020 sekitar 73,7%. Menurut APJII salah satu penyebab peningkatan pengguna internet karena kebutuhan yang menyebabkan segala proses tatap muka diubah menjadi tatap maya dampak pandemi COVID 19. Hal itu berdampak terhadap segala bidang tidak terkecuali dunia pendidikan. Namun fakta lain yang terjadi menjelaskan peningkatan pengguna internet juga beriringan dengan tingginya keluhan masyarakat yang memakai internet provider seluler. Salah satu faktor yang perlu dikaji yaitu kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan adanya kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada saat pelanggan (mahasiswa) melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan gabungan teori Service Performance (SERVPERF) dan Expevtation Confirmation Theory (ECT) dengan memakai variabel network quality dan competitive advantage untuk SERVPERF dan satisfaction untuk ECT. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif, pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling menggunakan sampel berdasarkan tabel Ishac dan Michael dengan melakukan penyebaran kuisioner. Proses analisa data menggunakan aplikasi pendukung SmartPLS dan memiliki jumlah responden sebanyak 348 yang terdiri dari berbagai mahasiswa Universitas di Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasannya adanya pengaruh antar variabel dari kualitas layanan yaitu network quality dan copetitiive advantage bernilai positif dengan bukti nilai path > 0 sebesar 0,153 untuk variabel network quality dan untuk 0,136 pada variabel competitive advantage dan signifikan dibuktikan dengan nilai T statistic > 1.67 dan P Values < 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prawesty, Nuryanuryaprawesty1999@gmail.comH76217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorPermadi, Andhyandhy@uinsby.ac.id2014108103
Subjects: Manajemen
Tehnik Informatika
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Internet Service Provider; Service Quality; Expectation Confirmation Theory; PLS-SEM; Kuantitaif.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nurya Prawesty
Date Deposited: 17 Jul 2021 07:38
Last Modified: 17 Jul 2021 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48638

Actions (login required)

View Item View Item