Penyimpangan seksual menurut pandangan Sayyid Qutb dalam tafsir Fi Zilal Al–Qur’an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyah, Lutfiyah (2021) Penyimpangan seksual menurut pandangan Sayyid Qutb dalam tafsir Fi Zilal Al–Qur’an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfiyah_E93217070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas terkait persoalan penyimpangan seksual seperti homoseksual, lesbian dan praktik perlacuran yang marak terjadi. Tindakan tersebut dianggap menyimpang dan bertentangan dengan tata nilai agama dan masyarakat. Hal ini juga menjadi suatu pertanda ketidaksesuaian kondisi manusia sekarang dilihat dari sudut konsepsi Al-Qur’an. Untuk menelaah kembali persoalan tersebut, penelitian ini merujuk pada pandangan salah satu mufassir terkemuka yaitu Sayyid Qutb dalam tafsir Fi Zilal Al-Qur’an. Berdasarkan pada hal tersebut masalah yang akan diteliti dalam skripsi adalah 1) Pandangan Sayyid Qutb tentang penyimpangan seksual dalam tafsir Fi Zilal Al-Qur’an, 2) Kontekstualisasi pandangan Sayyid Qutb tentang penyimpangan seksual di kehidupan masyarakat. 3) Konsekuensi sosial perilaku penyimpangan seksual menurut pandangan Sayyid Qutb. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian yang bersifat kepustakaan (library research) ini menggunakan metode analisis deskriptif serta metode tematik, yaitu upaya mendeskripsikan atau menerangkan kandungan Al-Qur’an dengan jalan menghimpun semua ayat-ayat Al-Qur’an yang membicarakan satu tema tertentu. Selanjutnya peneliti menganalisis persoalan ini dengan pendekatan Adabi al-Ijtima’i atau sosial kemasyrakatan. Kesimpulan dari proses analisa penelitian ini, menjelaskan bahwa penyimpangan seksual yang kian marak di masyarakat menurut pandangan Sayyid Qutb adalah suatu tindakan yang berbenturan dengan fitrah kehidupan dan melanggar hak manusia lainnya. Penyimpangan seksual di masa sekarang justru mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, hal ini mencerminkan suatu kondisi jahiliyah modern. Menurut Sayyid Qutb hal ini seharusnya dijauhkan, dan dibersihkan dari lingkungan masyarakat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyah, LutfiyahLuthfiyahpa45@gmail.comE93217070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abdalidoktaf@gmail.com2002026501
Subjects: Seks
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Penyimpangan seksual; Sayyid Qutb; Tafsir Fi Zilal Al-Qur’an.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Lutfiyah Lutfiyah
Date Deposited: 18 Jul 2021 06:25
Last Modified: 18 Jul 2021 06:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48627

Actions (login required)

View Item View Item