Peran guru dalam membentuk pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di RA Darun Najah Kloposepuluh Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andriani, Vivi (2021) Peran guru dalam membentuk pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di RA Darun Najah Kloposepuluh Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivi Andriani_D99217083.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi seberapa berperan penting peran guru dalam membentuk pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di RA Darun Najah . Dengan pembiasaan yang dilakukan di sekolah ini guru berharap agar anak didik dapat menjaga hidup bersih dan sehat dengan mandiri dimanapun mereka berada. Pembiasaan ini tentu sesuai dengan tujuan yang di miliki sekolah agar anak sehat dan tidak sakit sehingga dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru dalam membentuk pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di RA Darun Najah Kloposepuluh Sukodono Sidoarjo dan (2) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi oleh guru dalam membentuk pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di RA Darun Najah Kloposepuluh Sukodono Sidoarjo. Penelitian tersebut menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul semua proses selanjutnya yaitu menganalisis data yang telah diperoleh ketika obervasi di lapangan yaitu teknik pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam membentuk pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di RA Darun Najah Kloposepuluh Sukodono Sidoarjo yaitu sudah berjalan dengan baik. Peran guru disini yaitu membiasakan anak untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan meggunakan air yang mengalir dan sabun, membiasakan anak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, mengkonsumsi makanan yang sehat, pembiasaan buang air kecil dan buang air besar di kamar mandi dan pembiasaan berpakaian rapih dan bersih. Peran guru di sini sangat berperan penting agar anak dapat membiasakan hidup bersih dan sehat dimanapun mereka berada. Ada beberapa faktor pendukung untuk pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat ini yaitu faktor lingkungan dimana terbagi menjadi tiga, sekolah, keluarga dan masyarakat da nada faktor hereditas. Faktor pendukung ini yang sangat dibutuhkan untuk guru agar dapat tercapai pembiasaan hidup bersih dan sehat pada anak sesuai harapan bersama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu hampir semua orang tua membawakan makanan yang tidak sehat dan sarana prasarana di sekolah yang belum mendukung pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andriani, Viviviviandriani13@gmail.comD99217083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Keywords: Peran Guru; Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat; Anak Usia Dini.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Vivi Andriani
Date Deposited: 17 Jul 2021 13:23
Last Modified: 17 Jul 2021 13:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48612

Actions (login required)

View Item View Item