Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan bahasa indonesia dan bahasa jawa pada anak usia 4-5 tahun di RA Cahaya Insani Bohar Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Mutiara (2021) Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan bahasa indonesia dan bahasa jawa pada anak usia 4-5 tahun di RA Cahaya Insani Bohar Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutiara Ramadhan_D99217043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang peneliti mengambil judul skripsi “Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Cahaya Insani Bohar Taman Sidoarjo” karena di Sidoarjo, Jawa Timur orang-orang masih menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Namun, masyarakat masih menggunakan bahasa Jawa ngoko. Sehingga akan muncul variasi penggunaan bahasa dalam fenomena di lapangan. Tujuan dari penelitian ini : 1) Mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan keterampilan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa pada anak usia 4-5 tahun di RA Cahaya Insani Bohar Taman Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh guru dalam meningkatkan keterampilan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa pada anak usia 4-5 tahun di RA Cahaya Insani Bohar Taman Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu rangkaian kegiatan untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya dalam kondisi tertentu yang hasilnya lebih menekankan makna. Artinya pendekatan dalam penelitian ini tidak menggunakan angka. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah dan guru kelas kelompok A. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan keterampilan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa pada anak usia 4-5 tahun di RA Cahaya Insani Bohar Taman Sidoarjo yaitu dengan latihan menggunakan kata dengan bahasa Jawa, bernyanyi dan bercerita menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia, berhitung menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia dan memperkaya perbendaharaan kata telah berkembang sesuai harapan, hal ini dapat dilihat dari hasil survey bahwa tidak ada anak yang belum berkembang atau 0%, mulai berkembang sebanyak 1 anak atau 10%, berkembang sesuai harapan sebanyak 2 anak atau 20%, dan berkembang sangat baik sebanyak 7 anak atau 70%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Mutiaramutiiarar1999@gmail.comD99217043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorDjiwo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Subjects: Bahasa Indonesia
Guru
Keterampilan
Keywords: Upaya Guru; Bahasa Anak; Bahasa Indonesia; Bahasa Jawa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Mutiara Ramadhan
Date Deposited: 18 Jul 2021 13:05
Last Modified: 18 Jul 2021 13:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48606

Actions (login required)

View Item View Item