Tumbuhan Al-Shabir sebagai pengobatan Herbal: studi Ma'anil Hadis dalam Kitab Musnad Al-Humaydi Nomor Indeks 34

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naafi'ah, Adinda Zidna Ilman (2021) Tumbuhan Al-Shabir sebagai pengobatan Herbal: studi Ma'anil Hadis dalam Kitab Musnad Al-Humaydi Nomor Indeks 34. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Zidna Ilman Naafi'ah_E95217017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengobatan herbal merupakan pemanfaatan tumbuhan herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah pengobatan dengan tumbuhan al-shabir (lidah buaya). Pada era yang sekarang ini, masyarakat lebih dominan memanfaatkan tumbuhan tersebut sebagai kecantikan, sehingga pemanfaatan tumbuhan tersebut jarang ditemukan. Dengan demikian, penelitian ini mencoba membahas “Tumbuhan Al-Sabir Sebagai Pengobatan Herbal: Kajian Ma’anil Hadsi Dalam Kitab Musnad Al-Humaydi Nomor Indeks 34”. Dengan rumusan masalah, terkait bagaimana kualitas hadis, pemaknaan hadis, dan implikasi hadis tubuhan al-shabir sebagai pengobatan herbal dalam kehidupan masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat library research atau kepustakaan. Adapaun hasil akhir dari penelitian ini adalah kualitas hadis pengobatan herbal dengan tumbuhan al-shabir adalah hasan li dzatihi. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa tumbuhan al-shabir memang sudah ada sejak zaman Rasulullah dan digunakan sebagai pengobatan herbal, bahkan sampai saat ini tumbuhan al-shabir masih terus dibudidayakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena tumbuhan ini banyak mengandung zat-zat dan senyawa yang berfungsi sebagai antiinflamasi, antibakteri, antivirus, antibiotik, antiseptik, dan laktasi. Baik penggunaannya secara internal maupun eksternal. Penggunaan tumbuhan ini sebagai obat dapat dikonsumsi dengan berbagai olahan, seperti makanan, minuman, atau dapat digunakan secara langsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naafi'ah, Adinda Zidna Ilmanadindazidna01@gmail.comE95217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar--2005076201
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Pengobatan Tradisional
Hadis
Keywords: Tumbuhan al-Shabir; Pengobatan Alternatif.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Adinda Zinda Ilman Naafi'ah
Date Deposited: 18 Jul 2021 05:21
Last Modified: 18 Jul 2021 05:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48605

Actions (login required)

View Item View Item