HUBUNGAN HARGA DIRI DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Margono, Ami Dwi (2014) HUBUNGAN HARGA DIRI DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Harga Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel memakai Stratified Random Sampling dengan jumlah populasi sebesar 882 siswa. Kemudian diambil 15% dari jumlah populasi sehingga menghasilkan 132 siswa kelas II di SMK Negeri 12 Surabaya yang digunakan sebagai sampel penelitian ini. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner untuk mengungkap variabel bebas (X1) yaitu Harga diri dan variabel bebas (X2) yaitu Dukungan Teman Sebaya dan menggunakan metode dokumen untuk menyertakan nilai rata-rata 2 raport siswa siswi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Sebelumnya skala Harga diri diuji validitasnya, ternyata valid dengan koefisien validitas antara 0,203 - 0,408. Sedangkan skala Dukungan Teman Sebaya memiliki koefisien validitas antara 0,256 - 0,652. Dengan uji Reliabilitas, ternyata skala Harga diri mempunyai tingkat reliabilitas sebesar 0,707, sedangkan skala Dukungan Teman Sebaya mempunyai tingkat reliabilitas sebesar 0,924, kedua koefisien tersebut lebih besar dari 0,70 maka dapat dinyatakan bahwa kedua skala yang digunakan itu reliabel. Dengan Analisis Regresi Berganda diperoleh korelasi a) nilai signifikansi Harga diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan prestasi belajar 0.361 > 0.50 maka dapat dikatakan bahwa hubungan Harga diri dan Dukungan teman sebaya dengan prestasi belajar ditolak karena tidak cukup kuat dan tergolong rendah. b) -0,002 nilai signifikansi prestasi belajar dengan harga diri sebesar 0,492 karena signifikansi > 0,05 maka Ho diterima yang berarti Ha ditolak. Artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dengan harga diri. c) korelasi untuk prestasi belajar dengan dukungan teman sebaya 0,104, Nilai signifikansi sebesar 0,118, karena signifikansi > 0,05 maka Ho diterima yang berarti Ha ditolak. Artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dengan dukungan teman sebaya. Korelasi untuk harga diri dengan dukungan teman sebaya 0,548, Nilai signifikansi untuk harga diri dan dukungan teman sebaya sebesar 0,000 karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak yang berarti Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri dan dukungan teman sebaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Siti Azizah Rahayu
Creators:
CreatorsEmailNIM
Margono, Ami DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Harga Diri; Dukungan Teman Sebaya; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 07:33
Last Modified: 09 Feb 2015 07:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item