Penerapan E-voting melalui aplikasi E-pilketos dalam menanamkan karakter demokrasi di SMP Negeri 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inayah, Lailiyatul (2021) Penerapan E-voting melalui aplikasi E-pilketos dalam menanamkan karakter demokrasi di SMP Negeri 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Lailiyatul Inayah_D03216014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan e-voting melalui aplikasi e-pilketos dalam menanamkan karakter demokrasi di SMP Negeri 3 Surabaya. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Surabaya, Waka Kesiswaan, Perwakilan Guru, Pembina OSIS, Ketua OSIS, Sekretaris OSIS, Bendahara OSIS, dan Anggota OSIS. Obyek penelitian ini adalah penerapan e-voting melalui aplikasi e-pilketos dalam menanamkan karakter demokrasi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan e-voting melalui aplikasi e-pilketos di SMP Negeri 3 Surabaya adalah penerapan atau pelaksanaan pemilihan ketua OSIS yang menggunakan perangkat lunak atau program komputer berbasis web yang terkoneksi dengan jaringan internet yang dilakukan pada setiap tahunnya. (2) Karakter demokrasi di SMP Negeri 3 Surabaya adalah sikap untuk saling menghargai gagasan atau pendapat antar sesama, mengutamakan kepentingan bersama, membentuk peserta didik untuk lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat, mampu bertanggung jawab, dan ikut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan bersama berdasarkan nilai-nilai yang baik dan tentunya sebagai warga negara yang akan membangun negaranya.(3) Dampak dan kendala penerapan e-voting melalui aplikasi e-pilketos dalam menanamkan karakter demokrasi di SMP Negeri 3 Surabaya yakni diharapkan mampu menanamkan karakter baik bagi siswa. Salah satunya, menanamkan karakter demokrasi. Dampak dari penerapan e-voting melalui aplikasi e-pilketos dalam menanamkan karakter demokrasi ini agar dalam diri peserta didik tumbuh rasa saling menghormati, menghargai, dan memahami berbagai persoalan kehidupan secara bijaksana. Sementara didalam proses pemilihan ketua OSIS ini karakter demokrasi dibutuhkan untuk menumbuhkan sikap saling menghargai, bersaing secara ketika diadakannya proses pemilihan ketua OSIS. Sedangkan kendalanya mengenai sikap tidak menghargai perbedaan pendapat antar temen, perselisihan antar teman dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inayah, Lailiyatullailiyatulinayah@gmail.comD03216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@gmail.com2002087303
Subjects: Manajemen Informasi
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Penerapan; Sistem E-voting; Karakter Demokrasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lailiyatul Inayah
Date Deposited: 20 Jul 2021 03:00
Last Modified: 20 Jul 2021 03:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48588

Actions (login required)

View Item View Item