Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama Pandemi Covid-19: studi kasus di TK Al – Hidayah Bakti 1 Tulungrejo Pare Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Devi Rahmatul (2021) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama Pandemi Covid-19: studi kasus di TK Al – Hidayah Bakti 1 Tulungrejo Pare Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Rahmatul Azizah_D09217005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pelaksanaan dalam pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara jarak jauh dan tanpa adanya proses tatap muka demi memutus mata rantai penularan virus Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran di rumah dengan metode jarak jauh dilaksanakan demi memberikan pengetahuan belajar yang bermanafaat bagi siswa serta mampu menyumbang pengalaman belajar yang menarik dan mudah dilaksanakan oleh peserta didik. Penelitian tersebut bertujuan untuk (1) mengetahui alasan TK Al-Hidayah Bakti 1 Tulungrejo Pare Kediri melaksanakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi. (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama pandemi di TK Al-Hidayah Bakti 1 Tulungrejo Pare Kediri (3) memahami faktor yang menghambat dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di TK Al-Hidayah Bakti 1 Tulungrejo Pare Kediri selama pandemi. Reset ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan metode pengumpulan sumber melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Setelah proses pengumpulan data selanjutnya adalah proses menelaah data dengan menerapkan tahap reduksi sumber, penyajian data, dan erivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan demi menjaga kesehatan bersama TK Al-Hidayah Bakti 1 Tulungrejo Pare Kediri mematuhi segala surat edaran dari pemerintah untuk tetap mengajar dan belajar di rumah. Dengan tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan meskipun hanya di rumah. Maka dari itu, TK Al-Hidayah Bakti 1 Tulungrejo Pare Kediri menerapkan pembelajaran jarak jauh selama pandemi. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh diawali dengan melakukan rapat virtual dengan dewan guru selanjutnya diteruskan dengan memberikan pengarahan kepada orangtua wali murid. Selain itu, kepala sekolah dan guru TK Al-Hidayah Bakti 1 Tulungrejo Pare Kediri juga mempersiapkan rancangan pembelajaran seperti menyusun RPPM dan RPPH sesuai dengan Program Tahunan (Prota), Kurikulum, dan Tema yang sudah ada, video pembelajaran, grup whatsapp, media pembelajaran, metode pembelajaran, serta lembar penilaian. Seluruhnya dirancang dengan model yang sederhana agar dapat diterapkan dengan baik. Adapun faktor penghambat yaitu faktor eksternal dari orang tua/wali murid yang masih sangat membutuhan pemahaman terkait pendampingan dalam belajar siswa. Terbatasnya alat komunikasi yang dimiliki orang tua, dan kurangnya pengetahuan teknologi yang dimiliki oleh orang tua. Faktor internal dialami oleh guru dalam pembelajaran yang dituntut lebih meningkatkan kemampuan pengetahuan dari segi teknologi dan kreativitas dalam memberikan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Devi Rahmatulazizahdevi141@gmail.comD09217005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran; Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Devi Rahmatul Azizah
Date Deposited: 20 Jul 2021 01:46
Last Modified: 20 Jul 2021 01:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48587

Actions (login required)

View Item View Item