Tanggung jawab orangtua terhadap pendidikan anak: kajian Ma’ani al-hadith dalam sunan Abi Dawud nomor 495 dengan pendekatan ilmu psikologi perkembangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamida, Nurul Atik (2021) Tanggung jawab orangtua terhadap pendidikan anak: kajian Ma’ani al-hadith dalam sunan Abi Dawud nomor 495 dengan pendekatan ilmu psikologi perkembangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Atik Hamida_E95217037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bagian penting dalam membentuk pribadi anak yang berkarakter, serta mengubah tingkah laku atau sikap anak yang dapat mendewasakan. Orangtua merupakan pendidik utama dan kodrati sehingga mereka mempunyai tanggung jawab yang cukup besar dalam memberikan pendidikan kepada anak. Namun, fenomena yang sering terjadi sekarang ini adalah orangtua yang terlalu sibuk dengan aktifitasnya, sehingga tanggung jawabnya sebagai orangtua dalam mendidik anak terlupakan. Rasulullah telah memberikan arahan untuk para orangtua agar memberikan pendidikan kepada anak yang disesuaikan dengan perkembangan anak dalam hadisnya riwayat Abu Dawud nomor 495. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini berjudul “Tanggung Jawab Orangtua Terhadap Pendidikan Anak (Kajian Ma’ani al-Hadith dalam Sunan Abi Dawud Nomor 495 dengan Pendekatan Ilmu Psikologi Perkembangan)”. Dengan rumusan masalah, yaitu Pertama, Bagaimana kualitas dan ke-hujjah-an hadis Sunan Abi Dawud nomor 495 tentang tanggung jawab orangtua terhadap pendidikan anak. Kedua, Bagaimana pemaknaan hadis Sunan Abi Dawud nomor 495 tentang tanggung jawab orangtua terhadap pendidikan anak. Ketiga, Bagaimana pandangan ilmu psikologi perkembangan tentang tanggung jawab orangtua terhadap pendidikan anak dalam hadis Sunan Abi Dawud nomor 495. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan library research (penelitian kepustakaan) dan teori ilmu psikologi perkembangan. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: Pertama, kualitas hadis Sunan Abi Dawud nomor 495 berstatus sahih li dhatihi dan dapat dijadikan hujjah. Kedua, bahwa dalam hadis riwayat Abu Dawud nomor 495 memiliki dua bentuk pendidikan yang harus diajarkan oleh orangtua kepada anak yaitu pendidikan ibadah dan pendidikan seksual. Dalam hal mendidik anak ini tentunya harus mempertimbangkan faktor usia atau perkembangan anak, sehingga tujuan dalam mendidik bisa sesuai harapan. Ketiga, dalam tinjauan ilmu psikologi perkembangan, kandungan matan hadis ini relevan dan tidak bertentangan. Dalam mendidik anak yang diatur berdasarkan usia tersebut memiliki keterkaitan dengan perkembangan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamida, Nurul Atiknurulatikhamida917@gmail.comE95217037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Hadis
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Orang tua dan Anak
Keywords: Pendidikan; Sunan Abi Dawud; Psikologi Perkembangan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Nurul Atik Hamida
Date Deposited: 20 Jul 2021 12:25
Last Modified: 20 Jul 2021 12:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48575

Actions (login required)

View Item View Item