أنواع الفعل في مسرحية الدودة والثعبان لعلي أحمد باكثير (دراسة نحويىة)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Yuli (2021) أنواع الفعل في مسرحية الدودة والثعبان لعلي أحمد باكثير (دراسة نحويىة). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuli Maulidiyah_A91217146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ad-Dudah wa At-Tsa’ban merupakan salah satu karya menakjubkan yang pernah ditulis oleh Ali Ahmad Bakatsir, salah satu sastrawan Arab yang lahir di Indonesia. Drama ini menceritakan tentang perlawanan tentara rakyat Mesir terhadap penjajahan Prancis yang dikomandani oleh Napoleon Bonaparte. Ali Ahmad Bakatsir menyuguhkan dramanya dengan sangat gamblang dan mudah dipahami melalui rangkaian kata yang dipilihnya. Rangkaian kata itu banyak berbentuk fi’liyah baik fi’il nya berupa mujarrod maupun mazid. Karena itu, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana fi’il yang terdapat dalam drama Ad-Dudah Wa At-Tsa’ban Karya Ali Ahmad Bakatsir. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka peneliti menggunakan teori ilmu nahwu tentang kata kerja dan macam-macamnya dan menganalisis i’rab-nya. Dalam ilmu nahwu, kata kerja atau fi’il menurut waktunya dibagi menjadi tiga yaitu fi’il madhi, mudhori’ dan amr, kata kerja menurut kebutuhan terhadap objek dibagi menjadi dua yaitu fi’il lazim dan muta’addi, sedangkan kata kerja berdasarkan wazannya dibagi menjadi dua yaitu fi’il mujarrad dan mazid. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan analisis i’rab. Data yang didapat dalam penelitian ini diambil dari 55 teks percakapan pada bab 1 drama Ad-Dudah wa At-Tsa’ban. Kesimpulan yang ditemukan peneliti dalam penelitian ini adalah peneliti menemukan total 131 kata kerja, 37 diantaranya memiliki arti masa lampau (madi), 64 diantaranya memiliki arti yang akan datang (mudhori’) dan 30 lainnya memiliki arti perintah (amr). Ada 50 kata kerja yang tidak membutuhkan objek (Lazim) dan 81 kata kerja membutuhkan objek (muta’addi). Selain itu, ada 87 fi’il tsulatsi mujarrod dan 44 fi’il tsulatsi mazid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Yuliyulimaulidiyah98@gmail.comA91217146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSodiq, Machfud Muhammadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Bahasa Arab
Biografi
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Ali Ahmad Bakatsir; Fi’il; Nahwu.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Yuli Maulidiyah
Date Deposited: 18 Jul 2021 10:58
Last Modified: 18 Jul 2021 10:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48571

Actions (login required)

View Item View Item