Integrasi Marâtib Qirâ’ah Al-Qur’an dengan Taksonomi Marzano sebagai Dasar Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pribadi, Dwi Prasetyo (2016) Integrasi Marâtib Qirâ’ah Al-Qur’an dengan Taksonomi Marzano sebagai Dasar Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Marâtib qirâ’ah al-qur’an merupakan tahapan seorang muslim dalam menelaah al-Qur’an agar dapat dipelajari secara keseluruhan. Tahapan-tahapan tersebut memiliki keterkaitan erat dengan level-level yang menyusun taksonomi Marzano. Taksonomi ini merupakan revisi yang menjawab keterbatasan-keterbatasan dalam taksonomi Bloom dan Anderson. Dari marâtib qirâ’ah al-qur’an dan taksonomi Marzano ini dibentuk suatu integrasi yang menghasilkan konsep baru mengenai klasifikasi tujuan pembelajaran yang lebih komprehensif, sehingga dapat dirumuskan tujuan pembelajaran yang lebih baik. Hasil integrasi ini meliputi deskripsi hasil integrasi dan indikasi ketercapaian pembelajaran pada setiap tingkatan hasil integrasi. Selain itu, juga diberikan contoh penerapannya dalam merumuskan tujuan pembelajaran matematika.
Integrasi antara marâtib qirâ’ah al-qur’an dengan taksonomi Marzano ini dilakukan melalui penelitian kepustakaan. Data penelitian didapatkan dari hasil studi kepustakaan dan wawancara kepada ahli bahasa Arab dan Pendidikan Al-Qur’an. Data kemudian dianalisis sebagai bahan untuk penyusunan draft hasil integrasi. Draft tersebut didiskusikan dengan ahli Pendidikan Al-Qur’an dan dosen Pendidikan Matematika secara berkelanjutan hingga didapatkan hasil yang logis dan dapat dipertanggungjawabkan.
Dari hasil penelitian ditunjukkan bahwa integrasi antara marâtib qirâ’ah al-qur’an dengan taksonomi Marzano menghasilkan 5 tingkatan baru dalam klasifikasi tujuan pembelajaran. Klasifikasi itu meliputi: 1) Pemanggilan pengetahuan (Integrasi talaffuẓ dengan retrieval); 2) Pemahaman pengetahuan (Integrasi tafahhum dengan comprehension); 3) Pengkajian pengetahuan (Integrasi tadabbur dengan analysis); 4) Pemanfaatan pengetahuan (Integrasi tafakkur dengan knowledge utilization); dan 5) Sistem penguasaan diri (Integrasi takhassyu‘ dengan sistem metakognitif dan sistem diri).
Kata kunci: Integrasi, marâtib qirâ’ah al-qur’an, taksonomi Marzano, klasifikasi tujuan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pribadi, Dwi Prasetyodwisetyo142331@gmailD74211056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Taksonomi Marzano
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dwi Prasetyo Pribadi
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:24
Last Modified: 17 Feb 2020 04:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/4856

Actions (login required)

View Item View Item