Analisis Sad Al-Dhari’ah dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 terhadap jual beli Skincare Share In Jar di Online Shop @share_skincarekediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningtyas, Adelia (2021) Analisis Sad Al-Dhari’ah dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 terhadap jual beli Skincare Share In Jar di Online Shop @share_skincarekediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adelia Wahyuningtyas_C92217117.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data penelitan ini dihimpun melalui observasi, wawancara dan studi dokumen dengan pemilik toko online @share_skincarekediri dan konsumen dari @share_skincarekediri, kemudian dianalisis dengan teknik yang bersifat deskriptif analisis melalui pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jual beli skincare dengan menggunakan sistem share in jar di online shop @share_skincarekediri dilakukan dengan cara meniadakan informasi yang jelas pada jar, di sosial media pihak @share_skincarekediri tidak pernah menunjukkan atau mempublikasi proses pencucian, sterilisai dan pengemasan, ada beberapa produk skincare yang belum ber BPOM dan sebenarnya menjual produk dengan cara share in jar adalah dilarang karena belum ada surat izin edar oleh BPOM. Dalam analisis Sad al-dhari’ah jual beli skincare dengan menggunakan sistem share in jar tidak diperbolehkan karena meskipun memberikan kemaslahatan bagi konsumen, pada sisi lain juga mengandung kemafsadatan yaitu meniadakan informasi dan melakukan kecurangan sehingga berdampak pada kualitas dan kuantitas produk skincare. Selain itu, dalam jual beli skincare dengan menggunakan sistem share in jar belum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 karena meniadakan informasi, ada beberapa produk skincare yang belum ber BPOM dan belum ada surat izin edar untuk menjual produk skincare secara share in jar. Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan di atas, maka pihak @share_skincarekediri harus mencantumkan informasi tentang produk skincare tersebut agar memudahkan konsumen untuk menggunakannya dan mengetahuinya secara jelas, tetapi alangkah baiknya jika praktik jual beli dengan menggunakan sistem share in jar dihilangkan karena belum ada izin edar dari BPOM dan lebih memperhatikan prosedur dan ketentuan sesuai peraturan yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningtyas, Adeliaamadsanesa@ymail.comC92217117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Kosmetika
Keywords: Jual beli; Skincare; Jual beli Online; @share_skincarekediri; share in jar.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Adelia Wahyuningtyas
Date Deposited: 17 Jul 2021 12:44
Last Modified: 17 Jul 2021 12:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48544

Actions (login required)

View Item View Item