Kontroversi pemakaian jilbab pada anak di Youtube DW Indonesia: analisis wacana kritis Sara Mills

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affandi, Nur Ihsan (2021) Kontroversi pemakaian jilbab pada anak di Youtube DW Indonesia: analisis wacana kritis Sara Mills. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Ihsan Affandi_E91217103.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi video tentang pemakaian jilbab pada anak-anak di youtube DW Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Adapun video tersebut berlokasi di kota Tangerang Selatan yang berisikan tanggapan bagi orang tua yang mengenakan jilbab pada anak-anaknya yang masih di bawah umur. Dalam video tersebut dihadirkan kedua narasumber yaitu tokoh psikolog dan feminisme yang saling berpendapat mengenai pemakaian jilbab pada anak-anak. Alhasil ketika video tersebut diunggah youtube dan banyak menimbulkan pro dan kontra dari para netizen. Hal tersebut disebabkan karena tanggapan dari kedua narasumber tersebut yaitu tokoh psikolog dan feminisme yang tidak tepat dan belum diterima baik salah satunya menyangkut pemakaian jilbab pada anak-anak. Tanggapan dari kedua narasumber tersebut menunjukkan sikap Islamophobia dan juga memandang perempuan sebagai sosok yang lemah dan merasa dibatasi. Adapun pendapat dari salah satu narasumber yaitu dari tokoh feminisme Nong Darol Mahmada yang mengatakan bahwa pemakaian jilbab pada anak-anak dikhawatirkan akan menimbulkan sikap eksklusif pada dirinya. Pendapat yang dikemukakan oleh narasumber ini terkesan terburu-buru dan hanya melihat dari satu sisi pemikiran saja. Sehingga menimbulkan komentar dari para netizen. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis wacana kritis Sara Mills. Penulis menganalisis terkait tanggapan yang diberikan oleh kedua narasumber dalam video tersebut beserta komentar dari para netizen juga. Dengan analisis wacana kritis Sara Mills yang digunakan dapat mengetahui posisi aktor yang ditampilkan pada suatu berita. Adapun dua aspek yang digunakan dalam analisis wacana kritis Sara Mills yaitu menganalisis posisi subjek-objek dan penulis-pembaca pada teks. Sehingga dapat ditarik sebuah hasil penelitian bahwa memakai jilbab merupakan sebuah pilihan bagi seorang perempuan dan tidak perlu untuk dipermasalahkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affandi, Nur Ihsannurihsanaffandi@gmail.comE91217103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@gmail.com2123017602
Subjects: Anak
Jilbab
Keywords: Jilbab, Anak-Anak, Sara Mills.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nur Ihsan Affandi
Date Deposited: 24 Jul 2021 08:11
Last Modified: 24 Jul 2021 08:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48525

Actions (login required)

View Item View Item