Strategi kepala madrasah dalam mengimplementasikan gerakan Literasi Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisa, Dwi Lutfi Nur (2021) Strategi kepala madrasah dalam mengimplementasikan gerakan Literasi Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Lutfi Nur Anisa_D93217044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kulaitatif. Informan pada penelitian ini diantaranya yaitu Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Tim Literasi Madrasah, Tim Perpustakaan Madrasah, Guru, dan Siswa. Objek dalam penelitian ini yaitu Strategi Kepala Madrasah dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Madrasah. Data pada penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dan interpretasi data dilakukan dalam 3 langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Pada pengujian keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu : Kepala Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri telah melaksanakan tahapan dalam implementasi Gerakan Literasi Madrasah yaitu Tahap Pembiasaan, Tahap Pengembangan, dan Tahap Pembelajaran. Strategi Kepala Madrasah dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri adalah (1) Mengenalkan literasi kepada siswanya melalui cara yang sederhana,(2) Menyelenggarakan kegiatan – kegiatan bernuansa literasi dalam peringatan hari besar nasional maupun hari besar islam, (3) Melaksanakan wajib membaca 15 menit, (4) Membentuk Tim Literasi Madrasah, (5) Mengadakan diklat SAGU SABU (Satu Guru Satu Buku) dan SASI SABU (Satu Siswa Satu Buku), (6) Menjalin kerja sama dengan lembaga penerbitan, (7) menggerakkan penulisan buku dan Penerbitannya, (8) Menerima madrasah lain dalam pelaksanaan Studi Banding; Dampak Strategi Kepala Madrasah dalam mengimplmenetasikan Gerakan Literasi Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri adalah Mampu mengantarkan peserta didik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan meraih kecakapan dan kapasitas mereka dalam literasi hingga menghasilkan buah karya, Meningkatkan prestasi madrasah dibidang literasi, dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri kini menjadi madrasah rujukan untuk pengimplementasian Gerakan Literasi Madrasah. Hambatan Strategi Kepala Madrasah dalam mengimplmenetasikan Gerakan Literasi Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri diantaranya adalah Pemahaman dan kontribusi dalam Penerapan Gerakan Literasi Madrasah masih kurang menyeluruh pada kalangan guru dan siswa selain itu adanya Keterbatasan Sumber daya baik sumber dana maupun sumber daya manusia yang dimiliki madrasah karena banyaknya program yang dijalankan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisa, Dwi Lutfi Nurdwilutfi177@gmail.comD93217044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi Kepala Madrasah; Implementasi Gerakan Literasi Madrasah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dwi Lutfi Nur Anisa
Date Deposited: 17 Jul 2021 12:50
Last Modified: 17 Jul 2021 12:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48521

Actions (login required)

View Item View Item