Implementasi manajemen pembinaan kesiswaan dalam membentuk budaya disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Perdana, Ica Maharani Dzikrulloh Akbar (2021) Implementasi manajemen pembinaan kesiswaan dalam membentuk budaya disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ica Maharani Dzikrulloh Akbar Perdana_D93217096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Manajemen Pembinaan Kesiswaan dalam Membentuk Budaya Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai implementasi manajemen pembinaan kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang, membentuk budaya disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang, dan implementasi manajemen pembinaan kesiswaan dalam membentuk budaya disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang. Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru BK, guru, dan komite sekolah, koordinator tim Tatib, dan siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles and Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Implementasi manajemen pembinaan kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang dilaksanakan melalui 4 tahap, yakni perencanaan kegiatan kesiswaan, pembentukan tim Tatib dan tim BK, melaksanakan kegiatan pembiasaan bagi siswa, dan pelaporan kegiatan kesiswaan; (2) Membentuk budaya disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang dilaksanakan melalui peraturan sebagai pedoman yang meliputi buku tata tertib siswa, hukuman bagi yang melanggar meliputi sistem poin yang diberlakukan madrasah, penghargaan bagi yang berperilakubaik; dan (3) Implementasi manajemen pembinaan kesiswaan dalam membentuk budaya disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang sudah dilaksanakan dengan baik melalui buku tata tertib siswa sebagai pedoman perilaku bagi siswa, pembentukan Tim Tatib (Tata Tertib) yang bertanggung jawab untuk mendisiplinkan siswa, Melakukan kegiatan pembinaan siswa yang meliputi pembiasaan disiplin bagi siswa, serta kegiatan pembinaan siswa yang meliputi pelayanan bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang diraih oleh para siswanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Perdana, Ica Maharani Dzikrulloh Akbaricamaharanis1@gmail.comD93217096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlisah, Mukhlisahmukhlisah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@gmail.com2002087303
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Implementasi; Manajemen Pembinaan Kesiswaan; Budaya Disiplin Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ica maharani
Date Deposited: 17 Jul 2021 03:56
Last Modified: 17 Jul 2021 03:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48517

Actions (login required)

View Item View Item