Profil penalaran logis siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya berpikir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Leny (2021) Profil penalaran logis siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya berpikir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Leny Amelia_D94214103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penalaran logis adalah suatu proses berpikir yang dilakukan oleh siswa dalam upaya menarik suatu kesimpulan dengan memberikan argumen-argumen yang logis. Penalaran logis dalam penelitian ini ada tujuh indikator yaitu 1) Mengumpulkan fakta, 2) Membangun dan menetapkan asumsi, 3) Menilai dan menguji asumsi, 4) Menetapkan generalisasi, 5) Membangun argumentasi yang mendukung, 6) Memeriksa atau menguji kebenaran argumentasi, 7) Menetapkan kesimpulan. Salah satu hal yang berkaitan dengan penalaran logis siswa yaitu gaya berpikir. Gaya berpikir dalam penelitian ini hanya menggunakan dua tipe gaya berpikir yaitu sekuensial konkret (SK) dan acak konkret (AK). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil penalaran logis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya berpikir sekuensial konkret dan abstrak konkret. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dimana subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 2 siswa dengan gaya berpikir sekuenisal konkret (SK) dan 2 siswa dengan gaya berpikir acak konkret (AK). Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Kemudian dianalisis berdasarkan indikator penalaran logis.
Hasil dari penelitian ini menjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret berhasil memenuhi indikator satu, tiga, empat dan tujuh, namun kurang berhasil memenuhi indikator dua dan tidak berhasil memenuhi indikator lima dan enam. Sedangkan siswa yang memiliki gaya berpikir acak konkret berhasil memenuhi indikator satu, tiga, dan empat, namun kurang berhasil memenuhi indikator dua dan tujuh, dan tidak berhasil memenuhi indikator lima dan enam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, Lenylenyamelia28@gmail.comD94214103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartosuparto.zakfikam@uinsby.ac.id2002046903
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Keywords: Penalaran logis; Masalah matematika; Gaya berpikir sekuensial konkret; Gaya berpikir acak konkret.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Leny Amelia
Date Deposited: 17 Jul 2021 04:01
Last Modified: 17 Jul 2021 04:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48514

Actions (login required)

View Item View Item