Pemanfaatan limbah bulu ayam broiler sebagai bioadsorben untuk mengurangi kandungan Amonia (NH3) limbah cair home industri ayam potong

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izmah, Azatil (2021) Pemanfaatan limbah bulu ayam broiler sebagai bioadsorben untuk mengurangi kandungan Amonia (NH3) limbah cair home industri ayam potong. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azatil Izmah_H75217029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Industri pemotongan ayam broiler termasuk sumber limbah bulu ayam terbesar yang dapat mencemari lingkungan dan menimbulkan gangguan penyakit pada masyarakat sekitar apabila tidak dikelola dengan baik. Amonia bersifat toksik terhadap manusia apabila kadar yang masuk kedalam tubuh melebihi kadar yang bisa didetoksifikasi oleh tubuh. Salah satu pengolahan untuk mengurangi kandungan amonia pada limbah cair adalah dengan cara adsorpsi menggunakan bioadsorben dari limbah bulu ayam broiler. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan efisiensi beserta kapasitas adsorpsi bioadsorben limbah bulu ayam broiler aktivasi dan non aktivasi terhadap penurunan kadar amonia (NH3) pada limbah cair home industri ayam potong menggunakan sistem batch dan untuk mengetahui model isoterm adsorpsi yang sesuai dalam mengadsorpsi amonia (NH3) menggunakan bioadsorben limbah bulu ayam broiler aktivasi dan non aktivasi dengan sistem batch. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan variasi massa bioadsorben 1 gram, 2 gram, dan 3 gram dengan waktu kontak selama 60 menit, 90 menit, dan 120 menit. Hasil penelitian ini menunjukkan efisiensi adsorpsi menggunakan bioadsorben non aktivasi tertinggi yaitu sebesar 67,68% (massa bioadsorben 2 gram dan waktu kontak selama 120 menit) dengan kapasitas adsorpsi sebesar 5,68 mg/g. Sedangkan efisiensi adsorpsi menggunakan bioadsorben aktivasi tertinggi yaitu sebesar 87,53% (massa bioadsorben 2 gram dan waktu kontak selama 120 menit) dengan kapasitas adsorpsi sebesar 16,13 mg/g. Dari hasil persamaan isoterm, nilai regresi (R2) yang didapatkan paling tinggi sebesar 0.8705 pada isoterm Langmuir. Dapat disimpulkan bahwa model isoterm yang cocok untuk adsorpsi menggunakan bioadsorben limbah bulu ayam broiler yaitu isoterm Langmuir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izmah, Azatilazhatilizmah29@gmail.comH75217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id0709109001
Subjects: Kimia
Teknik Lingkungan
Keywords: Bioadsorben; bulu ayam broiler; adsorpsi; amonia; isoterm adsorpsi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Azatil Izmah
Date Deposited: 16 Jul 2021 05:05
Last Modified: 16 Jul 2021 05:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48489

Actions (login required)

View Item View Item