Fundraising ZIS di era Digital: efektivitas tabung amal.Id sebagai platform penghimpunan ZIS Nurul Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomaria, Nia (2021) Fundraising ZIS di era Digital: efektivitas tabung amal.Id sebagai platform penghimpunan ZIS Nurul Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nia Qomaria_G95217060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penullis menggunakan metodologi penelitian pendekatan deskriptif kualitatif yaitu metode ini merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Wawancara dilakukan secara langsung kepada pimpinan dan dua anggota LAZIS Nurul Falah Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon muzakki terhadap tabung amal.id Nurul Falah Surabaya sangat baik.Tercatat dari data donatur yang berprofesi sebagai PNS, pengusaha, wiraswata, dan mahasiswa. Mereka mempercayai Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah (LAZIS) Nurul Falah Surabaya tersebut sebagai lembaga amil zakat yang dapat menyalurkan dana zakatnya dengan tepat sasaran serta memprioritaskan untuk pengembangan dan pembelajaran al-Qur’an. Adanya respon positif dari donatur karena para donatur dapat mengetahui secara langsung dana yang terkumpul serta kepada siapa sasaran dana tersebut. Sedangkan efektivitas tabung amal.id sebagai platform penghimpunan ZIS Nurul Falah Surabaya, menyatakan bahwa keefektivan Tabung Amal.id sangat efektif karena sudah memenuhi target, dapat dilihat dari dana yang kumpul sebesar 63,5 juta dari para donatur tabung amal.id, sedangkan target yang ditentukan LAZIS Nurul Falah Surabaya 50 juta dengan jumlah 409 donatur dan dan 30 katagori campiogn. Keefektivan juga ditentukan dengan banyaknya donator dan juga dapat dilihat dari program-program yang sedang dijalankan oleh LAZIS Nurul Falah Surabaya. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan kepada Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah(LAZIS) Nurul Falah Surabaya yaitu, dengan adanya platform tabung amal.id semoga dalam penghimpunan ZIS Nurul Falah lebih maksimal lagi serta memperbanyak kerjasama dengan e-commerce dan lembaga-lembaga yang berpotensi dalam pembayarakan zakat, infak dan sedekah.sedangkan bagi pembaca semoga dengan adanya penelitian ini dapat memberi pelajaran serta pengetahuan tentang fundraising ZIS di era digital.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomaria, Nianiaqomaria2323@gmail.comG95217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Keywords: Tabung Amal.id; Fundraising ZIS.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: S.E Nia Qomaria Hasih
Date Deposited: 13 Jul 2021 10:11
Last Modified: 13 Jul 2021 10:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48472

Actions (login required)

View Item View Item