Analisis implementasi pembiayaan musyarakah di sektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan petani: studi pada Koperasi Syariah Sendang Artha Abadi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Haidar (2021) Analisis implementasi pembiayaan musyarakah di sektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan petani: studi pada Koperasi Syariah Sendang Artha Abadi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haidar Ali_G04217024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembiayaan musyarakah pada sektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan petani Koperasi Syariah Sendang Artha Abadi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data primer digunkan sebagai data utama penelitian ini. Sedangkan data sekunder digunakan sebagai pendukung data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan studi pustaka baik berupa buku – buku, dokumen – dokumen, modul SOP, brosur dan sebagainya. Dalam prakteknya Koperasi Syariah Sendang Artha Abadi mempunyai prosedur, ketentuan dan hal-hal yang perlu diperhatikan bagi anggota yang ingin mengajukan pembiayaan musyarakah untuk usaha pertanian. Dari hasil penelitian implementasi dari ketenuan akad, modal, pihak yang berkontrak, dan manajemen resiko telah dijalankan sesuai dengan prinsip pembiayaan musyarakah. Pada implementasi pembagian hasil dan tanggungjawab kerugian masih belum sesuai dengan prinsip pembiayaan musyarakah. Terlepas dari permasalahan tersebut kesejahteraan anggota/petani berdasarkan perhitungan nilai NTP menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelum pembiayaan. Dengan begitu maka implementasi pembiayaan musyarakah untuk sektor pertanian mampu meningkatkan kesejahteraan petani/anggota Koperasi Syariah Sendang Artha Abadi. Dari hasil penelitian, peneliti mempunyai saran pada Koperasi Syariah Sendang Artha Abadi untuk mengevaluasi pembagian hasil usaha tani dan tanggungjawab apabila terjadi kerugian yang dijalankan agar sesuai dengan sebagaimana mestinya pembiayaan musyarakah atau bisa menggunakan pembiayaan dengan akad lain yang bisa dilakukan.Untuk anggota Koperasi Syariah Sendang Artha Abadi yang menggunakan pembiayaan musyarakah untuk sektor pertanian agar lebih memahami bagaimana prinsip-prinsip pembiayaan musyarakah dan implementasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Haidarhaidar.brt32@gmail.comG04217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, Nurlailahlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Keuangan Islam
Pertanian
Koperasi
Keywords: Pembiayaan; Musyarakah; Kesejahteraan petani.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Haidar Ali Haidar Ali
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:30
Last Modified: 15 Jul 2021 02:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48435

Actions (login required)

View Item View Item