Hukum alih fungsi pertambangan dijadikan objek wisata Bukit Jaddih Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan Madura: studi komparasi permen ESDM no 07 tahun 2014 tentang pelaksanaan reklamasi dan pascatambang pada kegiatan usaha pertambangan mineral batubara dan Fatwa MUI nomor 22 tahun 2011 tentang pertambangan ramah lingkungan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Idris, Moch (2020) Hukum alih fungsi pertambangan dijadikan objek wisata Bukit Jaddih Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan Madura: studi komparasi permen ESDM no 07 tahun 2014 tentang pelaksanaan reklamasi dan pascatambang pada kegiatan usaha pertambangan mineral batubara dan Fatwa MUI nomor 22 tahun 2011 tentang pertambangan ramah lingkungan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Idris_C06216013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan komparatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian dengan menggambarkan data apa adanya dari sumber permen ESDM No. 07 Tahun 2011 dan Fatwa MUI Nomor 22 Tahun 2014, kemudian dilakukan analisis komprehensif dengan pendekatan untuk ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa keputusan Permen ESDM No.07 Tahun 2011 membolehkan penggantian reklamasi menjadi objek wisata, hal ini didasari pada banyaknya manfaat yang didapatkan masyarakat sekitar. Sedangkan keputusan Fatwa MUI Nomor 22 Tahun 2011 mengharamkan jika bekas galian tambang tidak direklamasi. Persamaan pendapat kedua keputusan tersebut adalah membolehkannya aktifitas pertambangan asalkan untuk kepentingan masyarakat. Perbedaan pendapat keputusan keduanya terletak pada boleh atau tidaknya penggantian reklamasi berupa objek wisata. Saran untuk seluruh pihak-pihak yang bersangkutan baik dari masyarakat, pemerintah daerah, dan juga pengelola wisata bukit Jaddih sebaiknya melakukan musyawarah bersama mengenai penutupan lubang bekas galian tambang yang tidak dijadikan objek wisata atau memiliki resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Idris, Mochid.konyol@gmail.comC06216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatwa, Ach Fajruddinandifajruddinfatwa@gmail.com2013067602
Subjects: Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Penghasilan Daerah
Keywords: Bukit Jaddih; Reklamasi.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Idris Moch
Date Deposited: 15 Jul 2021 11:13
Last Modified: 15 Jul 2021 11:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48412

Actions (login required)

View Item View Item