تغييرات الأوزان العروضية وعناصر القافية” يا أرحم الراحمين” من مناقب سيدنا شيخ عبد القادر الجيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yustin, Ahmad Alzam (2021) تغييرات الأوزان العروضية وعناصر القافية” يا أرحم الراحمين” من مناقب سيدنا شيخ عبد القادر الجيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Alzam Yustin_A01217002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus utama permasalahan dalam pembahasan penelitian ini adalah : 1. Wazan apa yang digunakan dalam “Ya Ar-Hamar Rohimin” pada Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani. Munculnya permasalahan diatas karena banyak sekali masyarakat yang tau dan hafal syair “Ya Ar-Hamar Rohimin” pada Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani tersebut, akan tetapi dalam segi ilmu arudl dan qowafi belum mengetahui, makadari itu penulis mengangkat permasalahan ini untuk dibahas dari sudut pandang ilmu arudl dan qowafi, dengan tujuan yang pertama yaitu untuk mengetahui wazan arudl dalam syair “Ya Ar-Hamar Rohimin” pada Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dan perubahannya”, yang kedua yaitu untuk mengetahui unsur-unsur Rima (alQofiyah) dalam syair “Ya Ar-Hamar Rohimin” pada Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani. Kemudian pendekatan yang digunakan peneliti dalam membahas permasalahan tersebut adalah pendekatan analisis sastra dengan metode analisis deskriptif, yaitu dengan menggunakan teori ilmu arudl dan qofiyah. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti yaitu mengalisis syair-syair kemudian menentukan wazan arudl dan perubahannya serta menentukan qofiyahnya. Hasilnya dalam penelitian-penelitian tersebut adalah : 1. Irama (Wazan) Arudl a. Wazan yang terdapat dalam syair “Ya Ar-Hamar Rohimin” pada Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani yaitu menggunakan bahr mujtats : مستفع لن فاعلاتن # مستفع لن فاعلاتن b. Bentuk perubahan yang terjadi pada beberapa bait syair al-Badriyah diantaranya: 1. Karena kemasukan zihaf yang berupa khaban seperti pada bait : 4, 5, 6, 8, 10, 16, 17, 18, 19, 20, 22, 23, 25, 26, 27, 28, 30, 33, 34, 35. 2. Karena kemasukan zihaf yang berupa qabadl yakni hanya terdapat pada bait : 32. 3. Karena kemasukan illat yang berupa qashar yang terdapat pda keseluruan akhir bait. 2. Qafiyah (rima/ kata terakhir pada bait syair yang dihitung mulai dari dua huruf mati yang terakhir sampai huruf hidup sesudah huruf mati tersebut) yang terdapat pada syair “Ya Ar-Hamar Rohimin” pada Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani sebagai berikut: a. Kalimat qofiyah 1) sebagian kata (بعض كلمة), 2) dua kata (كلمتين), 3) satu kata dan sebagian kata (كلمة و بعض أخرى). b. Huruf qafiyah 1.) ridif, Huruf ya’ (الياء) , Huruf alif (الأيلف), Huruf wawu (الواو). c. Harokat qafiyah 1.) taujih, Harokat sukun, (السكون), 2.) majra, Harakat fathah, (الفتحة). d. Nama-nama qafiyah : a.) Mutawatir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yustin, Ahmad Alzamalzamyustin1@gmail.comA01217002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, muntaha--195907121990031002
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Perubahan Wazan; Arudh Qawafi; dan Manaqib “Ya Ar-Hamar Rohimin”.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ahmad Alzam Yustin
Date Deposited: 14 Jul 2021 03:07
Last Modified: 14 Jul 2021 03:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48393

Actions (login required)

View Item View Item