Analisis ijārah dan KUH perdata terhadap sewa-menyewa peralatan camping di toko Serba Outdoor Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saniyah, Alfa (2021) Analisis ijārah dan KUH perdata terhadap sewa-menyewa peralatan camping di toko Serba Outdoor Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfa Saniyah_C92217120.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dimana objeknya memuat peristiwa yang terjadi pada suatu masyarakat. Data penelitian ini di satukan melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisisnya menggunakan metode deskriptif yang dijelaskan melalui gambaran atau kata-kata, dan menggunakan pola pikir deduktif, yakni keterangan yang dimulai dari suatu pernyataan umum ke arah pernyataan khusus. Hasil penelitian ini menjawab rumusan masalah: Praktik ijārah peralatan camping di toko serba outdoor Surabaya telah sesuai dengan syarat dan rukun ijārah. Namun dalam hal mengenai ujroh tidak dicantumkan secara tertulis, hanya penyampaian secara lisan. Dalam analisis KUH Perdata, pihak penyewa telah melanggar Pasal 1560 KUH Perdata pada poin a yakni tidak menjadi bapak sewa yang baik, karena ia telah lalai dalam menggunakan barang sewa. Selain itu pihak penyewa tersebut juga dapat dikatakan lalai dalam memenuhi perbuatannya, maka dalam hal ini ia telah melakukan wanprestasi atau cidera janji.Menjawab dari kesimpulan penelitian di atas, penulis memberikan saran: Pertama, bagi pihak penyewa yang hendak melakukan sewa-menyewa, wajib mengetahui syarat dan ketentuan yang diberikan sehingga ia mampu bertanggung jawab atas kegiatan sewa-menyewa yang dilakukan. Bagi pihak yang menyewakan sebaiknya menuliskan secara detail mengenai denda yang akan diberikan jika terjadi kelalaian dari pihak penyewa. Kedua, pihak penyewa diharapkan dapat menjadi “Bapak rumah” yang baik untuk menjaga barang sewanya. Selain itu pihak yang menyewakan diharapkan lebih teliti dalam melihat jaminan yang diberikan oleh pihak penyewa supaya menghindari modus penipuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saniyah, Alfaalfacani111@gmail.comC92217120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Sewa
Keywords: analisis ijarah; sewa-menyewa; peralatan camping; outdoor; kuh perdata.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Alfa Saniyah
Date Deposited: 13 Jul 2021 13:18
Last Modified: 13 Jul 2021 13:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48377

Actions (login required)

View Item View Item