Analisis pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Inflasi terhadap Return Saham pada Indeks JII Periode Tahun 2015-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Galuh Ajeng (2021) Analisis pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Inflasi terhadap Return Saham pada Indeks JII Periode Tahun 2015-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Galuh Ajeng Safitri_G9217160.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Economic Value Added, Market value added, dan Inflasi terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di indeks JII di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan selama 5 (lima) tahun yakni mulai dari tahun 2015 sampai dengan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan yang merupakan seluruh perusahaan yang terdaftar dalam indeks JII periode Desember 2019 sampai Mei 2020. Dengan menggunakan metode random sampling didapatkan sampel sebanyak 23 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS25. Berdasarkan hasil analisa data menunjukkan bahwa EVA dan Inflasi tidak berpengaruh terhadap return saham, yang berarti tinggi rendahnya nilai EVA dan Inflasi tidak akan mempengaruhi keputusan investor ketika berinvestasi. MVA berpengaruh terhadap return saham, yang berarti jika nilai MVA perusahaan mengalami kenaikan maka return yang diperoleh para investor kemungkinan akan bertambah. Namun, secara simultan variabel EVA, MVA, dan Inflasi berpengaruh terhadap return saham. Bagi para investor yang mengharapkkan return berupa capital gains, dapat mempertimbangkan MVA perusahaan tersebut yang telah terbukti bahwa MVA memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Galuh Ajenggaluhajeng821@gmail.comG94217160
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Bursa Saham
Ekonomi Islam
Keywords: EVA; MVA; Return saham; JII
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Galuh Ajeng Safitri
Date Deposited: 13 Jul 2021 23:09
Last Modified: 13 Jul 2021 23:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48365

Actions (login required)

View Item View Item