Analisis fiqh siyasah terhadap kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Keputusan Menteri Agama nomor 494 tahun 2020 tentang pembatalan ibadah haji pada masa Pandemi Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmah, Nofrila Tiar (2021) Analisis fiqh siyasah terhadap kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Keputusan Menteri Agama nomor 494 tahun 2020 tentang pembatalan ibadah haji pada masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nofrila Tiar Rachmah_C94217094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian normatif yang mana objek kajiannya meliputi norma dan kaidah dasar, keputusan menteri, perbandingan hukum, konsep hukum dalam islam. Bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik studi pustaka dengan pendekatan keputusan menteri yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kulitatif kemudian disusun secara sistematis sehingga menjadi bahan hukum yang konkret. Selanjutnya bahan hukum tersebut diolah dan dianalisis menggunakan perspektif teori hukum islam yaitu Fiqh Siyasah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ketiadaan pemberangkatan ibadah haji pada masa pandemi Covid-19 memang sudah tepat dalam mengambil keputusan tersebut. Karena dalam islam sendiri mengenal yang namanya konsep Daruratus Syar’iyyah yaitu sebuah konsep pengambilan keputusan secara Darurat apabila terjadi sesuatu hal yang penting dan mendesak. Pandemi Covid-19 ini sangatlah membahayakan masyarakat, untuk memutuskan penyebaran virus tersebut adalah dengan tetap dirumah dan tidak melakukan berpergian. Dan apabila ibadah haji ini tetap dilaksanakan seperti tahun–tahun sebelumnya maka akan menjadi klaster baru penyebaran virus Covid-19 ini. Oleh karena itu banyak negara yang mayoritas umat islam mengambil keputusan untuk meniadakan pemberangkatan ibadah haji pada pelaksanaan ibadah haji tahun 1441 H / 2020 M. Termasuk di Negara Indonesia pemerintah mengambil keputusan untuk membatalkan pemberangkatan ibadah haji yang tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020 Tentang Pembatalan Ibadah Haji dalamPelaksanaan Ibadah Haji Tahun 1441 H / 2020 M.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmah, Nofrila Tiarnofrilatr@gmail.comC94217094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukamto, Sukamtokamtoindoraya@yahoo.com2012036001
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Haji
Kebijakan Publik
Keywords: Haji; Pembatalan haji; Keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020 Tentang Pembatalan Ibadah Haji Pada Masa Pandemi Covid-19.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Nofrila Tiar Rachmah
Date Deposited: 13 Jul 2021 12:39
Last Modified: 13 Jul 2021 12:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48362

Actions (login required)

View Item View Item