Pengaruh tingkat fertilitas dan pengangguran terhadap kemiskinan di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyawati, Wahyu Dwi (2021) Pengaruh tingkat fertilitas dan pengangguran terhadap kemiskinan di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Dwi Widyawati_G71216056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan sumber data berasal dari Badan Statistik Provinsi Indonesia dan Bank Dunia. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan bantuan program Eviews 2020 dengan data time series. Secara simultan, variabel tingkat fertilitas dan pengangguran berpengaruh signfikan terhadap kemiskinan di Indonesia tahun 2000-2018. Hal ini menunjukkan bahwa jika tingkat fertilitas dan pengangguran meningkat maka diikuti dengan peningkatan kemsikinan di Indonesia. Secara parsial, variabel tingkat fertilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan di Indonesia. Hal ini berarti bahwa jika tingkat fertilitas mengalami kenaikan, maka kemiskinan juga akan naik. Sedangkan variabel pengangguran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan di Indonesia. Hal ini berarti bahwa jika pengangguran bertambah, maka kemiskinan di Indonesia akan ikut naik juga. Dari hasil penelitian ini diharapkan pemerintah Indonesia agar dapat mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang dapat menekan angka kelahiran secara masif guna meningkatkan Normal Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera. Selain itu, meningkatkan investasi yang berbentuk padat karya yang kemudian dapat membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat menyerap tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran serta Skill dan keterampilan pencari kerja harus dilakukan penyesuaian terhadap lowongan kerja yang dibutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyawati, Wahyu Dwiwahyudwiwidyawati@gmail.comG71216056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Kemiskinan
Pengangguran
Keywords: Tingkat Fertilitas; Pengangguran; Kemiskinan; Data Time series.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Wahyu Dwi Widyawati
Date Deposited: 13 Jul 2021 12:13
Last Modified: 13 Jul 2021 12:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48361

Actions (login required)

View Item View Item