Analisis yuridis dan hukum islam terhadap tanggung jawab dalam pengasuhan orang tua nelayan pada anak: studi kasus di Desa Watuagung, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Sandya Hilana (2021) Analisis yuridis dan hukum islam terhadap tanggung jawab dalam pengasuhan orang tua nelayan pada anak: studi kasus di Desa Watuagung, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sandya Hilana Aisyah_C91217079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menerapkan metode wawancara serta dokumentasi. Setelah itu dilakukan analisa dan diolah dengan teknik diskriptif dibantu dengan pola pikir induktif, yakni menjabarkan tanggung jawab orang tua masyarakat nelayan pada anak di desa Watagung, lalu ditinjau dengan menggunakan hukum yuridis dan hukum Islam di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama "Pengasuhan dalam tanggung jawab orang tua masyarakat nelayan yang ada di desa Watuagung ada beberapa yang belum sesuai dengan apa yang sudah diatur dalam perundang-undangan di Indonesia yakni orang tua kurang bisa mendukung bakat dan minat anak, serta anak harus menuruti apa kata orangtuanya tanpa orangtua mengerti perasaan anak. Sebagian ada tanggung jawab yang sudah mendekati kesesuaian dalam perundang-undangan di Indonesia". Kedua bahwa "Dalam tinjauan hukum Islam mengenai pengasuhan anak dalam hal tanggung jawab orang tua yang ada di desa Watuagung ada beberapa yang sudah sesuai dengan pengasuhan dalam prespektif Ḥaḍ ānah, dan ada beberapa pengasuhan yang belum sesuai dengan pengasuhan dalam perspektif Ḥaḍ ānah. Sesuai dengan kesimpulan di atas, maka: pertama, bagi para orangtua diharapkan bisa mendukung bakat dan minat anak sehingga anak tersebut bisa mencapai impian dengan melalui bakat minatnya sendiri dan tidak terlalu mengekang anak sehingga anak tersebut bisa berkreasi dengan lingkungan dan teman-temannya; kedua, untuk akademisi agar mengkaji secara massif teori mengenai pengasuhan anak, dikarenakan minimnya literatur yang bisa digunakan sebagai rujukan. Kajian yang mendalam diharapkan mampu menjadi pelengkap penelitian sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Sandya Hilanasandiaelen@gmail.comC91217079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChudlori, M. Zayinzayinch@gmail.com2020125601
Subjects: Hukum Islam
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Tanggung jawab orang tua; Pengasuhan anak; Anak; Bakat; Minat.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Sandya Hilana Aisyah
Date Deposited: 12 Jul 2021 14:59
Last Modified: 12 Jul 2021 15:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48351

Actions (login required)

View Item View Item